Senin, April 29, 2024
BandungDaerahJawa BaratPeristiwa

Tanggapi Kebakaran TPA Sarimukti, Hengky: Pemda KBB Telah Menetapkan Kejadian Tersebut Sebagai Darurat Bencana

Bandung Barat,Lensaexpose.com –  Menanggapi kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti, Kec. Cipatat yang belum berhasil dipadamkan sejak beberapa hari terakhir, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat menetapkan kejadian tersebut sebagai darurat bencana yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan khusus.

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan saat ditemui usai menghadiri acara Temu Karya IV Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 23 Agustus 2023, di Ballroom Gedung B, Lantai 4, Komplek Pemerintah KBB, mengatakan bahwa hingga saat ini petugas pemadam kebakaran (Damkar) Bandung Barat dan kabupaten tetangga lainnya bahkan Cianjur masih terus berupaya melakukan pemadaman disekitar lokasi TPA Sarimukti.

“Kami telah mengeluarkan SK dan menetapkan kejadian tersebut sebagai darurat bencana. Saya sudah telpon Gubernur secara langsung dan kami akan meminta bantuan Pemerintah Pusat agar melakukan bom air dari atas menggunakan helikopter. Karena para petugas damkar hingga hari ini belum berhasil memadamkan api,” terangnya.

Oleh karena itu, Hengki berharap Pemerintah Pusat segera menanggapinya dengan serius, sehingga titik-titik api dapat segera dipadamkan.

Ia mengatakan bahwa kebakaran tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh kemarau berkepanjangan yang juga dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mengantisipasi permasalahan kekeringan ini, untuk sementara Ia telah memerintahkan seluruh aparat kewilayahan untuk segera membantu memfasilitasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Dan untuk mengantisipasi jangka panjang, saya sudah memerintahkan dinas terkait agar segera membangun Embung-embung (penampungan air) raksasa dititik-titik yang dianggap rawan kekeringan,” tandasnya. (Tina)

Loading