Senin, April 29, 2024
BogorJawa Barat

Hadapi Mudik Lebaran, Satlantas Polres Bogor Bersama Dishub Terminal Leuwiliang Lakukan Ramp Chek

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Mengantisipasi melonjaknya warga masyarakat yang akan mudik lebaran hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023, Satlantas Polres Bogor bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor dan Provinsi melakukan inspeksi keselamatan lalulintas angkutan jalan (Ramp Chek) di Terminal Leuwiliang Bogor, Selasa 11 April 2023.

Dalam keterangannya, Kanit Kamsal Polres Bogor IPDA A. Rahman menyampaikan bahwa hari ini pihaknya bersama Dishub tengah melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas angkutan jalan (Ramp Chek) di wilayah Kabupaten Bogor.

“Satlantas Polres Bogor bersama dengan Dishub Kabupaten Bogor sudah melaksanakan beberapa kali pengecekan di masing-masing terminal maupun di pul bus,” ujar Ipda A. Rahman di sela giat Ramp Chek.

Kanit Kamsal Polres Bogor menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melaksanakan Ramp Chek di terminal Leuwiliang yang di dampingi langsung oleh Kepala Terminal Leuwiliang Wahyu.

Dikatakan Rahman, adapun pengecekan yang dilakukan oleh beberapa penguji Dishub terhadap beberapa unit Bus yang beroprasional di Terminal Leuwiliang, diantaranya pengecekan tentang kelayakan kendaraan, legalitas surat-surat kendaraan dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah belum ditemukan unit yang diduga memiliki kekurangan dalam hal-hal pemeriksaan tersebut. Inipun pemeriksaan masih berlangsung sampai nanti dengan selesai,” terangnya.

Rahman juga menyampaikan, selanjutnya sedang di wacanakan juga terkait dengan pemeriksaan kelayakan daripada supirnya.

“Karena mau sebagus apapun juga kendaraan dan mau selengkap apapun surat-suratnya, tapi kalau supirnya tidak layak mengemudi sama saja,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya kedepannya akan melakukan pemeriksaan tentang kesehatan baik jasmani maupun rohani terhadap supirnya.

“Untuk saat ini kita lakukan di terminal Leuwiliang saja, sebelumnya kita sudah melaksanakan di beberapa terminal di wilayah Cibinong, dan hasilnya sama,” ucapnya.

Sementara Kepala Terminal Leuwiliang Wahyu menuturkan, giat Ram Check dari dinas perhubungan kabupaten Bogor berkolaborasi dengan polres Bogor dan dishub provinsi Jabar.

“Alhamdulillah sejak dilaksanakan sudah ada empat unit kendaraan yang di ram check, namun tidak ditemukan kekurangan baik dalam kelayakan jalan.

Untuk antisipasi angkutan lebaran kita sudah menghubungi PO agar menyiapkan kendaraan nya selain kelayakan dan kesehatan para supir.

Pihaknya pun setiap 24 jam melakukan pengawasan dan pelayanan sebanyak 33 unit kendaraan yang setiap harinya beroperasi.

“Sementara hingga saat ini pengunjung atau pemudik di terminal Leuwiliang belum ada peningkatan,” tukasnya. (Rudi Hartono)

Loading