Senin, Juni 24, 2024
DepokJawa BaratPeristiwa

Sukses dan Meriah Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023 Kota Depok

Depok, Lensa Expose.com

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 Kota Depok yang diadakan oleh wartawan dengan tema ” Pers Bebas, Demokrasi, Bermartabat ” berjalan sukses dan meriah digelar di Gedung Balai Rakyat Jln. Merdeka Sukmajaya Depok, Selasa, 28/02/2023.

Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Kota Depok dihadiri Wali Kota Depok diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Manto Jorghi, Dandim Kota Depok diwakili, Kapolres Kota Depok diwakili, Koramil Kecamatan Sukmajaya, Kapolsek Kecamatan Sukmajaya, anggota DPD RI Provinsi Jawa Barat Drs. Ir. Hj. Eni Sumarni M.Kes dan ratusan wartawan dari berbagai media serta undangan lainnya.

Acara di buka dengan kebudayaan Betawi Palang Pintu dan di sambut dengan tarian pengiring dengan begitu meriah.

Ketua Panitia HPN tahun 2023 Kota Depok Anis Muryani dalam sambutannya mengajak berdo’a mengheningkan cipta sejenak yang ditujukan untuk para arwah wartawan yang telah meninggal dunia terlebih dahulu untuk mengenang jasa-jasa perjuangan mereka semoga Allah SWT memberikan tempat yang layak di sisiNya,” ujar Anis.

Lanjut Anis, dengan diadakan Peringatan HPN setiap tahun dengan satu tujuan untuk mengguyubkan kepada teman-teman agar kedepan tidak ada lagi berita- berita hoax, karena kalau berita hoax muncul maka akan mengganggu.

“saya harapkan buat teman-teman semua wartawan semoga dengan Hari Pers Nasional yang kita laksanakan setiap tahun ini untuk mengajak para wartawan untuk melaksanakan fungsi dan tugasnya yakni menulis berita sesuai dengan fakta, dan mari membangun bangsa, membangun rakyat untuk kepentingan bersama menuju Indonesia yang lebih baik. ”ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Manto Jorghi dalam sambutannya, ” Awak Media juga Manusia punya hati, punya nurani, kehidupannya sama dengan kita-kita, harus di orangkan jangan di takuti, ungkapkan apa adanya dan harus tetap profesional,” ungkapnya.

Manto Jorghi juga mengucapkan terimakasih kepada Panitia Pelaksanaan HPN 2023 Kota Depok dan seluruh rekan-rekan wartawan atas peran aktif atas kerja keras dan sumbangsih hingga acara ini bisa terselenggara dengan baik.

“Tema Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini adalah ” Pers Bebas Demokrasi Bermartabat” tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini terlebih menjelang digelarnya pesta Demokrasi pada tahun 2024 mendatang, yaitu Pemilihan Anggota Legislatif, Presiden dan Kepala Daerah, bila kita cermati bersama selama proses pelaksanaan Demokrasi sering muncul informasi-informasi yang bernada negatif, kabar bohong, serta informasi lainnya yang tidak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya, karena itu dengan tema Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 ini diharapkan Pers bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan fitrahnya yaitu sebagai media Pendidikan, informasi, hiburan dan yang paling penting adalah sebagai kontrol sosial dijaman demokrasi ini karena tidak ada orang yang bisa berkelit,” tegasnya.

Di era Demokrasi sekarang ini dimana berita hoax semakin marak dan meresahkan, pers yang bebas dan independen diharapkan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terbaik secara akurat, jujur dan berimbang.

“Insan Pers hendaknya dapat meningkatkan kualitas pemberitaan dan bekerja secara profesional sehingga Pers menjadi peran untuk memenuhi hak masyarakat dalam mengetahui informasi secara akurat, jujur dan berimbang.”

Selain itu kata Manto Pers juga menjadi agen perubahan yang bisa membawa perubahan yang lebih baik melalui informasi dan edukasi dalam pemberitaan yang di sampaikan.

“Saya berharap peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 ini dapat menjadi momentum untuk semakin meningkatkan peran baik sebagai alat Demokrasi yang bisa mencerdaskan kehidupan Bangsa melalui informasi yang akurat berimbang dan terpercaya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Manto mengucapkan “Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2023”.

Manto juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Seluruh rekan-rekan media yang telah membantu menyampaikan informasi terkait program-program Pemerintah Kota Depok selama ini, semoga kolaborasi insan Pers media dengan Pemerintah Kota Depok terjalin lebih baik kedepannya,” jelasnya.

Acara ditutup dengan pemberian Piagam Penghargaan Kepada Wartawan Terbaik dan ramah tamah. (Irfan Lubis)

Loading