Sabtu, September 7, 2024
DaerahPemerintahanSosial & Budaya

Lestrikan Budaya dan Adat Gotong Rotong Melaui Tradisi Maras Taun Desa Selat Nasik

Belitung, Lensaexpose.com

Setiap event tentunya diharapkan mememiliki tujuan dan dampak yang posiif, salah satunya adalah dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Begitu juga acara Maras Taun, selain mengungkapkan tradisi dan budaya, Maras Taun juga sering dijadikan event unjuk prestasi masyarakat, Minggu (27/3/2022).

Kades Selat Nasik Anuar mengatakan acara Maras Tahun kali ini banyak diisi dengan pentas seni dan adat istiadat budaya gotong royong serta mensyukuri atas hasil bumi yang diberikan Sang Pencipta untuk menambahkan kemeriahan kegitan rutin yang di gelar setiap tahun.

“Alhamdulillah acara dapat terlaksana dengan baik, dan terima kasih kepada Bapak Bupati Sahani Saleh dan jararan Forkopimda, Bapak Hidayat Arsanai dn seluruh tamu yang hadir pada acara ini. Semoga kegiatan rutin ini dapat memberikan dampak posisif bagi budaya dan perekonomian warga Selat Nasik khususnya,” ujarnya.

Sementara itu ketua Panitia Ali Wau sampaikan bahwa perayaan Maras Taun yang telah digelar sejak tanggal 22 hingga 27 Maret 2021 tersebut memiliki makna filosofi yang sangat kental, yakni rasa syukur masyarakat atas rezeki dan keselamatan yang telah diberikan Sang Pencipta.

“Maras Taun ini merupakan bentuk penyampaian Do’a serta rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia berupa kekayaan alam yang menjadi sumber penghidupan bagi warga,” imbuhnya.

Harapannya tradisi Maras Taun yang sudah ada sejak zaman dahulu, agar dapat terus diwariskan dari generasi ke generasi serta tetap dijaga dan dilestarikan. Hal itu juga dapat menjadi agenda promosi bagi Desa Selat Nasik khusunya.

Ketika awak media menjumpai salah satu tokoh Pemuda Pulau Mendanau, Jasman berikan apresiasi kepada pihak panitia dan Pemdes Selat Nasik yang sudah melaksanakan dan menjaga tradisi dan pentas seni budaya Mars Taun.

“Semoga acara itu semakin menambah semangat kegotongroyongan dan memperkuat tali silaturahmi sesama warga. Dan tak kalah pentingnya Ia berharap acara itu dapat menjadi ajang promosi bagi Desa Selat Nasik khususnya serta dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat,” harapnya. (Lendra Gunawan)

Loading