Jumat, April 26, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Peringatan Perdana Hari Jadi Kecamatan Kemang Ke-27, Begini Awal Mula Cerita dan Rangkaian Kegiatannya

Bogor, Lensaexpose.com – Ternyata tanggal 6 Februari adalah tanggal hari jadi dari Kecamatan Kemang, salah satu nama kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor. Usut punya usut, kecamatan yang merupakan daerah pemekaran dari Kecamatan Semplak dan Parung ini, diresmikan pada 6 Februari tahun 1995, dan pada tanggal 6 Februari tahun 2022 sudah masuk usia 27 tahun.

“Awalnya wilayah Kecamatan Kemang ini batasan dari Kecamatan Semplak dan Kecamatan Parung. Ini peringatan HUT Kecamatan Kemang yang untuk pertama kalinya diadakan guna mengingat hari jadi Kemang. Giat acara ini diusulkan oleh para Kepala Desa kepada Bapak Camat Kemang,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Entang Suana yang juga Kades Kemang, Senin (7/2/2022).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Kemang ini menjelaskan, semua data terkait hari jadi Kecamatan Kemang diperoleh dari Camat Kemang. Sememtara kegiatan peringatan HUT dilakukan selama dua hari, diawalai dengan giat kompetisi trofeo sepakbola antar staf desa dan kelurahan serra staf Kecamatan Kemang, pada hari Minggu, (5/2) kemarin.

“Kegiatan kompetisi sepak bola trofeo itu hadiahnya adalah satu ekor kambing. Tujuannya agar semua aparatur desa dan Kecamatan tetap sehat dan kompak,” kata Entang Suana.

Ia menambahkan, dalam kegiatan kedua diadakan acara syukuran bersama yang diadakan di ruang aula pertemuan kantor kecamatan tersebut. Giat syukuran itu, lanjutnya, diawali dengan parade nasi tumpeng yang dikemas dalam dongdang dan dibawa berjalan kaki dari gedung Puskesmas Kemang lama ke kantor Kecamatan Kemang yang berjarak sekitar 500 meter.

“Alhamdulillah semua acara berjalan lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada semua Kepala Desa serta Kepala UPT, Karang Taruna dan pihak lainnya yang telah antusias berpartisipasi dalam giat peringatan HUT Kecamatan Kemang ke 27 ini,” tukas Entang Suana.

Sementara Camat Kemang Edi Suwit mengaku bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan meskipun dilakukan secara sederhana. Ia berharap, momentum HUT Kecamatan Kemang dapat menambah semangat kerja bagi semua warga masyarakat dan aparatur pemerintah demi terus tercipta kemajuan pembangunan di wilayah tersebut.

“Masih ada beberapa program dan rencana pembangunan yang harus terus dilakukan. Diantaranya pembangunan SMA/SMK Negeri serta SMP Negeri 3 Kemang, peningkatan status Puskesmas Jampang jadi level A, penyediaan TPU Kecamatan Kemang dan lainnya,” pungkas Edi Suwito. (Rdy)

Loading