Sabtu, Juli 20, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Melalui Program Samisade, Pemerintah Desa Cibentang Bangun Jalan dan TPT

Bogor, Lensaexpose.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, saat ini tengah merealisasikan infrastruktur pembangunan betonisasi jalan lingkungan (Jaling) maupun jalan lintas desa dan tembok penahan tebing (TPT) memlaui program satu milyar satu desa (Samisade) tahap dua tahun 2021.

Saat ditemui dilokasi pembanguna, Sekretaris Desa (Sekdes) Cibentang, Endang mengatakan, pihaknya bersama waraga setempat saat ini tengah melaksanakan pembangunan infrastruktur betonisasi jalan lingkungan dari program Samisade tahap dua.

“Dari program samisade yang tahap dua kita realisasikan di dua lokasi, yakni di Jl.Cibentang Livo Rt. 003/002 dengan volume (P 358 M x L 2.5 M x T 0.10 M) yang menyerap anggaran Rp. 256.075.000,- (termasuk pajak dan upah). Sementara betonisasi dan TPT di kp. Cileuleuy meliputi Rt. 003/006 – Cibentang Rw. 003 (P 684 M x L 2.5 M x T 0.10 M) dengan anggaran Rp. 390.346.000,- yang alhamdulillah pengerjaannya sudah selesai,” ujar Sekdes Endang. (29/11)

Menurut Sekdes, pembangunan jalan lintas desa diwilayahnya yang hanya menagandalkan dari anggaran ADD maupun DD, dan dengan adanya program Samisade ini bisa sekaligus dirampungkan per titiknya.

“Harapannya kedepan, program Samisade ini bisa berlanjut. Karena program skala prioritas kita masih ada beberapa titik yang belum rampung, dan itu nanti kita ajuannya untuk alokasi tahun 2022,” katanya.

Achyarudin, warga setempat sekaligus ketua tim pelaksana kegiatan (TPK) menuturkan, pelaksanaan kegiatan di jalan kp. Cibentang Livo tersebut sudah berjalan tiga hari. Dari mulai tahap pengerasan hingga pengecoran dengan mengupayakan warga masyarakat setempat.

“Alhamdulilah warga sangat antusias, karena sesuai harapan dan keinginan warga ingin mempunyai akes jalan utamanya bagus, juga untuk memperlancar laju perekonomian warga. Terutama yang di Kp. Cileuleuy, jalan itu sebelumnya rusak parah, sekarang sudah dibangun.

Yang jelas, dengan adanya samisade ini rakyat sangat berterimakasih kepada pemerintah desa, pemkab bogor maupun pusat yang sudah mengucurkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur di tiap wilayah terutama di pedesaan.” tuturnya.

Sementara Hasanudin, Kepala Desa Cibentang menambahkan, dirinya mengucapkan terimaksih kepada Bupati Bogor Ade Yasin yang telah mengucurkan anggaran melalui Program Samisade.

“Alhamdulillah program samisade tahap dua yang 60 persen ini kita sudah realisasikan betonisasi jalan yang sudah rampung maupun yang sedang berjalan. Karena jalan yang saat ini dibangun sudah rusak, dan jadi akes utama warga. Kebetulan warga disini mayoritasnya petani yang melintas jalan ini,  jadi dengan dibangunnya jalan ini mudah – mudahan bisa memperlancar akses juga perekonomian warga sekitar,” pungkasnya.

Selain itu, pembangunan yang saat tengah dikerjakan yang berlokasi di Kp. Cibentang Livo tersebut di tinjau langsung oleh Kepala Desa Cibentang, Staff Kecamatan, Satpol PP, Bhabinkamtibmas dan juga Bhabinsa.

Peninjauan itu juga dilanjutkan dengan sapa warga dan berdialog bersama warga sekitar mengenai lokasi jalan yang tengah dibangun. (Rdy)

Loading