Sabtu, April 20, 2024
DaerahPemerintahan

Baru Terbangun 80 Unit, Pemdes Karyamukti Genjot Terus Pembangunan Rutilahu Untuk Warganya

Garut, Lensaexpose.com

Pertahun disetiap tahap anggaran dana desa tahun 2021 desa Karyamukti terus membangun Rutilahu (Rumah Tida Layak Huni) di wilayah per RW yang ada di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Kab.Garut-Jawa Barat.

Desa Karyamukti ada sejumlah 7 RW yang mendapatkan Rutilahu, di setiap titik per RW 1 unit dengan di anggarkan senilai Rp.26.750.000,-

Widiya Heru Kartika S.E mengatakan,“Rumah yang layak adalah salah satu kebutuhan yang sangat mendasar bagi semua orang di samping cukup sandang dan cukup pangan, dari 165 rumah yang tidak layak huni yang tersebar di 7 RW sekarang tinggal kurang lebih 85 rumah yang belum kami bangun dan yang sudah di bangun baru 80 unit. Harapan kami tahun 2025 didesa karyamukti sudah tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni,” tuturnya.

Tentunya,  sambung Heru, di samping anggaran Dana Desa sumber yang lain berasal dari program BSPS, Perkim, Aladin, dan program yang lain kami harapkan dapat membantu kami dalam menuntaskan masalah rumah tidak layak huni,” jelasnya. (Senin/08/11/2021)

Aris Riswara Ketua TPK Desa Karyamukti menambahkan, Penerima manfaat progran rutilahu sudah berdasarkan hasil musyawarah dusun dan musyawarah desa begitu juga untuk penyedia barang selalu kita utamakan putra daerah,

Untuk mendukung program pemerintah dalam program PHBS setiap rumah yang dibangun ada fasisilatas jamban dan septitank ini merupakan salah satu komitmen desa karyamukti menjadi desa yang bebas buang air sembarangan (ODF),” Jelasnya. (Rais)

Loading