PPDB Tahun 2021, Kepsek SMK Negeri 1 Gunung Sindur Jalankan Sesuai Prosedur Pemerintah

BOGOR – Lensa Expose.com

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gunung Sindur, yang terletak di Desa Rawa Kalong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor rencana penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dimulai pada tanggal 21 Juni Tahun 2021.

Adapun teknis dan proses penerimaan siswa, dan siapa saja yang di terima di SMK Negeri 1 Gunung Sindur ini akan di godok dan di putuskan serta di tetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dan sekolah hanya menerima hasilnya saja.

Saat diwawancara oleh media ini, Fajarsyah Alam, ST. M.Pdi selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 1 Gunung Sindur menjelaskan, secara umum baik di sekolah SMA/SMK yang ada di Bogor Kota/ Kabupaten, PPDB Tahun 2021 untuk Tahap I, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor rencananya akan menyelenggarakan PPDB SMA dan SMK dalam dua tahap.

“Tahap pertama telah terlaksana pada 7 hingga 11 Juni 2021 lalu. Sementara, tahap kedua dijadwalkan pada tanggal 25 Juni hingga 1 Juli 2021 mendatang. Pada PPDB SMA/SMK Jabar tahun 2021, tahap satu diperuntukkan bagi semua jalur, kecuali jalur zonasi (untuk SMA) dan jalur prestasi raport umum (untuk SMA). Kedua jalur tersebut, baru akan dibuka pendaftarannya di tahap kedua,” terangnya. (21/6)

Diketahui, untuk SMA terdapat tiga jalur pendaftaran yang dibuka di tahap I, yaitu sebagai berikut;

Jalur Afirmasi, yaitu jalur yang dikhususkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Selain itu, Jalur Afirmasi juga dapat didaftar oleh calon peserta didik baru penyandang disabilitas atau yang membutuhkan bantuan karena kondisi tertentu. Kuota untuk jalur ini dibuka sebanyak 20 persen dari total daya tampung sekolah.

Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, yaitu jalur yang dikhususkan bagi calon peserta didik baru yang ikut perpindahan tugas orang tua/wali dan anak guru. Kuota untuk jalur ini
dibuka sebanyak 5 persen dari total daya tampung sekolah. Jalur Prestasi, yaitu jalur yang seleksinya berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik calon peserta didik baru.

Untuk kategori prestasi akademik, seleksi berdasarkan nilai raport, ranking, serta hasil ujian sekolah. Sementara untuk kategori prestasi non-akademik, seleksi berdasarkan prestasi calon peserta didik di perlombaan atau kompetisi pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Untuk SMA juga terdapat tiga jalur pendaftaran yang dibuka di tahap I, yaitu:

Jalur Afirmasi, untuk calon peserta didik baru SMA yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan disabilitas. Sama dengan penerimaan SMA, kuota untuk jalur ini sebanyak 20 persen dari total daya tampung sekolah.

Jalur berdasarkan domisili, yang mana seleksinya berdasarkan sekolah mana yang terdekat dengan domisili peserta didik. Kuota untuk jalur ini sebanyak 10 persen dari total daya tampung sekolah.

Jalur perpindahan peserta didik orang tua/wali, yaitu jalur yang bisa didaftar oleh calon peserta didik baru SMA yang ikut perpindahan tugas orang tua/wali. Kuota untuk jalur ini dibuka sebanyak 5 persen dari total daya tampung sekolah.

“Jadwal lengkap PPDB SMA/SMK Kabupaten/Kota Bogor tahun 2021 dan Prosedur Daftar Ulang Rangkaian seleksi PPDB SMA/SMK Negeri di Jabar dijadwalkan berlangsung hingga 14 Juli mendatang. Rangkaian tersebut meliputi pendaftaran tahap satu dan tahap dua, pengumuman hasil, hingga daftar ulang” jelas Fajarsyah Alam, ST. M.Pdi selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 1 Gunung Sindur.

Pantauan awak media ini di SMK Negeri 1 Gunung Sindur, sampai dengan waktu jam tayang yang di jadwalkan, belum ada info hasil test pertama PPDB 2021. Yang akan menjadi kendala adalah jadwal daftar ulang bagi siswa yang telah di terima.

Bagi orang tua siswa untuk memastikan anaknya diterima atau tidak, dan Informasi terkait prosedur daftar ulang tersebut dapat di akses melalui laman dibawah.

ppdb.disdik.jabarprov.go.id. (Zulfikar/ry)

Editor : Admin

 849 total views,  2 views today