Jumat, April 19, 2024
Daerah

Pasar Baraya Desa Banyuresmi Garut di Resmikan

GARUT – Lensa Expose.com

Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kemendes PDTT Republik Indonesia, Jajang Abdullah, SP. M.S.i meresmikan Pasar Baraya Desa yang digelar di halaman Pasar Desa Banyuresmi, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Senin (5/4/2021).

Pasar Baraya Desa Banyuresmi secara resmi dibuka Plt Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kemendes PDTT RI dan dihadiri oleh Bupati Garut yang diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kab. Garut, Nia Gania Karyana, MSi, Kadis DPMD Kab.Garut diwakili Kabid PUEM DPMD Kab. Garut, Dedi.

Kemudian Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag dan ESDM Kab.Garut,Asep Mulyana, Camat Banyuresmi,Jujun Juhana,A.K, Kapolsek, Kompol H.Drs.Krisna Irawan,Sos.MSi, Danramil 1110/Banyuresmi, Kapten Inf Enjang Santana, para Kepala desa se-Kec. Banyuresmi, MUI, Karang Taruna, para pedagang, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Menurut Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Desa PDTT RI, Jajang Abdullah,SPd,MSi ketika ditemui usai acara peresmian mengungkapkan, dirinya memberikan apresiasi terhadap pembangunan Pasar Baraya Desa yang luas dan megah berada di wilayah Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut.

“Ya ini luar biasa, karena ada sifat amanah yakni visi kebersamaan, saling mengisi dan kekompakan aparat desa biasanya ada selek, ada pepatah mengatakan lidi satu mudah patah tetapi lidi itu kalau di ikat akan kuat,” ungkapnya.

Kedatangannya dalam meresmikan Pasar Baraya Banyuresmi Garut, Ia menyampaikan kehadiran untuk meresmikan pasar dirinya mengaku bukan karena sebagai putra daerah (orang garut) tetapi merupakan momen penting dan ingin meninjau langsung kondisi pembangunan pasar desa.

“Saya tidak rugi menunda kepergian walau hari ini ada agenda MOU BPJS harus pergi ke Banjarmasin,” katanya.

Harapan Jajang Abdullah,adanya pengelolaan pasar BUMdes nantinya bisa istiqomah kekompakan harus tetap dijaga dan dipertahankan.

“Saya berharap BUMdes ini yang paling penting harus amanah, kepala desa terutama visi kedepannya,ini adalah dasar yang sudah diletakkan, tinggal bagaimana pengelolaan pasar itu sendiri supaya bisa memberikan pemanfaatan kepada para pedagang dan uangnya sudah diberikan untuk dibangun, mudah-mudahan dapat bermanfaat apalagi sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan,” harapnya.

Sementara itu,Kepala desa Banyuresmi,Ahmad Hidayat menuturkan,Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait dan warga masyarakat desa pasar yang telah memberikan dukungan/dorongan terwujudnya pembangunan pasar desa,

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu berjalannya pembangunan pasar desa,ini hasil study banding dan saya mengaplikasikan agar dibangunnya pasar desa banyuresmi berlangsung dengan sukses tanpa ada ekses,” tuturnya.

Lebih lanjut Ahmad menuturkan, peresmian pasar desa merupakan salah satu cita-citanya selaku menjadi kepala desa agar pembangunan pasar sukses/selesai pasar yang dibangun sekitar 120 unit kios permanen dan ditambah kios 70 kios non permanen

“Alhamdulillah setelah pembangunan pasar selesai diresmikan yang diwakili dari Kemendes RI, ya saya patut bersyukur, mudah-mudahan peresmian ini menjadi tolak ukur keberhasilan BUMdes Banyuresmi,” pungkasnya.

Di akhir penghujung rangkaian kegiatan Kepala desa Banyuresmi memberikan cindera mata kepada Plt Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kemendes PDTT Republik Indonesia. (Suwito / Dede Orenz)

 

Editor : Rdy

Loading