Pemuda Panca Marga Gelar Latihan SAR Gabungan di Situ Cikaret Cibinong

Kab.Bogor, Lensa Expose.com

Latihan SAR gabungan yang dilaksanakan Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga (PC PPM) Kabupaten Bogor, kali ini melibatkan PC PPM Kota Depok.

Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk bangkitnya PPM di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Depok khususnya dan di seluruh wilayah Indonesia pada umumnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Agus Jaya Gunara (Jagur) selaku Ketua Cabang PPM Kabupaten Bogor pada saat Apel pagi pembukaan Latihan SAR gabungan di Situ Cikaret, Minggu lalu (28/2/21).

Lebih jauh beliau menyatakan, bahwa PPM adalah anak para pejuang yang mengemban tugas untuk meneruskan perjuangan menjaga NKRI dari para penjajah bangsa.

Dibawah Naungan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Pemuda Panca Marga terus berkembang dan pantang mundur dalam hal menjaga keutuhan bangsa dengan cara melakukan kegiatan positif ditengah -tengah masyarakat terus mengabdi hanya untuk NKRI harga mati seperti semboyannya “Tanhana Darma Mangrwa ”

“Tiada pengabdian yang mendua. Yudha Putra dahulu adalah inisiator cadnas sehingga mental semangat 45 harus terus terbina dan tidak boleh terpecah belah. Oleh karena itu Komando tegak lurus sampai pada Ketum Berto Izaak Doko dan LVRI serta TNI Polri sebagai Pembina,” ujar Agus.

“Jangan mau dipecah belah dan diadu domba untuk kepentingan politik praktis,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Hendry Gunawan selaku PC PPM Kota Depok, Patria Mulia Selaku pengurus pusat ketua hubungan antar lembaga dan pemerintahan, Yusuf Faisal Dewan Paripurna pengurus pusat PPM, Budi Aksono Ketua Forum PRB Kabupaten Bogor dan seluruh Ketua ranting PPM se-Kabupaten Bogor dan Kota Depok beserta jajarannya sekitar 70 peserta ditambah 10 calon anggota BPBD Kabupaten Bogor.

Giat tersebut sekaligus melaksanakan Pradiklat bagi para siswa di tiap ranting sebagai dasar untuk melakukan Diklat Sarmil nantinya kegiatan tersebut dibagi dua sesi yaitu Darat dan Air, untuk giat pelatihan penyelamatan dan tekniknya dilakukan dengan menggunakan perahu karet dan seluruh kelengkapannya untuk menunjang kegiatan tersebut.

Sedangkan untuk giat di darat, materi PBB, Jaskes dan berseragam serta etika dalam PPM menjadi prioritas utama.

Patria Mulia dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kegiatan ini selain untuk dasar pengetahuan juga bisa diterapkan ditengah kondisi musibah jikalau itu terjadi. Semangat juang Yudha Putra untuk bela negara dapat diwujudkan dalam peran serta aktif, salah satunya dalam kesiapan penanggulangan bencana apapun.

“Latihan dasar dan pemantapan kesiapan SAR yang sekarang dilaksanakan oleh PC PPM Kab. Bogor dan Kota Depok ini, dan selaku pengurus di pusat, saya berharap PC PPM Kabupaten Bogor dan PC PPM Kota Depok terus bersinergi erat dengan jajaran TNI Polri di wilayah masing-masing,” harapnya.

Kegiatan Latihan SAR gabungan tersebut berakhir dengan melaksanakan Upacara penutupan. (Fir)

 

Editor : Rdy

 732 total views,  1 views today