Rabu, April 24, 2024
Kesehatan

Peringatan Hari Ibu Ke 92  , Peran Perempuan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Garut, Lensa Expose.com

Upacara peringatan Hari Ibu Ke-92 tahun 2020 berlangsung dengan tertib dan khidmat, bertempat di Lapangan Apel Setda Jalan Pembangunan No 199  Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa-Barat, Selasa (22/12/2020).

Peringatan Hari Ibu Ke-92 kali ini dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” dalam pelaksanaan upacara  tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Bupati Garut, H.Rudy Gunawan,SH,MH MP bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Ir.Nani Julaeni,Analis Setda Kabupaten Garut.

Bupati membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia,I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Dalam sambutannya Bupati Garut mengatakan,upacara Peringatan Hari Ibu dilaksanakan dan dirayakan setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan Perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Kongres perempuan di tahun 1928 menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia dalam ambil peran di setiap derap pembangunan di Indonesia.

“Perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut Kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang, ” katanya.

Maka sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan mulai dari mengakses,berpartisipasi ikut menentukan arah serta menikmati manfaat pembangunan terlebih pandemi Covid-19 menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan ,

“Hal ini tertuang dalam hasil survey dari UN Women yang menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender serta dapat mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) situasi yang serba sulit ini ternyata tidak menghentikan langkah perempuan-perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan, ” paparnya.

Perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dan membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah dan turut serta menyediakan makanan bagi warga yang terdampak ekonomi dan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan,perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan,ilmuan/penelitian menjaga bagi keluarganya sendiri.

“Melalui PHI Ke-92 Tahun 2020 ini , saya berharap perempuan – perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu dalam gerak sekecil apapun yang berarti melebihi apapun,untuk itu mari warnai PHI dengan peran,kerja dan karya nyata dari anda semua untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya , Indonesia Maju, “pungkasnya.

Penulis : Dede Orenz

Loading