Minggu, Oktober 6, 2024
BogorJawa Barat

Maraknya Pembangunan Perumahan di Cibungbulang Ancam Sektor Pertanian

CIBUNGBULANG,Lensaexpose.com –  Pembangunan perumahan yang semakin marak di Desa Sukamaju dan Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, mulai menggerus kawasan pertanian dan ruang terbuka hijau di wilayah tersebut.

Ekspansi pembangunan perumahan di Cibungbulang terus meningkat, bahkan mengancam keberadaan sektor pertanian. Camat Cibungbulang, Agung Ali, mengungkapkan bahwa pembangunan yang tak terkendali ini menyebabkan hilangnya lahan pertanian di wilayah tersebut.

“Selama tata ruang masih memungkinkan, kami tidak bisa melarang pembangunan. Namun, kawasan pertanian dalam tata ruang masih ada,” ujar Agung, Senin (30/9/2024).

Meski demikian, Agung mengakui bahwa pihaknya belum memiliki data pasti terkait persentase lahan pertanian yang tersisa akibat maraknya pembangunan perumahan di Cibungbulang.

“Untuk data persisnya, kami harus berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Agung menambahkan, sejumlah perizinan lingkungan dan izin lainnya untuk pembangunan perumahan sudah dipenuhi. Namun, izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) masih dalam proses.

“Izin lingkungan sudah selesai, dan proses di Pemda juga sudah berjalan,” pungkasnya.**

Loading