Minggu, Oktober 6, 2024
DaerahPemerintahanSumatera UtaraTanjungbalai

Wali Kota Tanjungbalai Hadiri Pelantikan DPD LPM Kota Tanjungbalai Periode 2023-2028

Tanjungbalai,Lensaexpose.com – Wali Kota Tanjungbalai, H. Waris Tholib, menghadiri acara pelantikan pengurus DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tanjungbalai periode 2023-2028 serta pengukuhan LPM tingkat kelurahan periode 2024-2029. Acara tersebut digelar di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai pada Jumat (20/09/2024).

Dalam sambutannya, Wali Kota Waris Tholib mengungkapkan keinginannya untuk membawa pengurus LPM Kota Tanjungbalai melakukan kunjungan kerja ke berbagai instansi terkait, seperti Badan Wilayah Sungai (BWS), Kapolda Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara, dan DPRD Sumatera Utara.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempertanyakan kendala yang menyebabkan pengerukan sedimentasi pasir di Sungai Silau dan Sungai Asahan belum terlaksana hingga saat ini.

“Semua proses kesepakatan sudah ditandatangani dalam bentuk MOU terkait pengerukan sedimentasi pasir di Sungai Silau dan Sungai Asahan pada tahun 2023. Investornya sudah ada, mesin pengeruk pasir sudah siap, namun kendala pelaksanaannya hingga kini belum jelas,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga menyoroti kondisi air pasang yang belakangan ini kerap menggenangi berbagai wilayah di Kota Tanjungbalai. Fenomena yang terjadi setiap 15 hari sekali tersebut mengakibatkan kerusakan pada badan jalan yang banyak berlubang.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada LPM Sumatera Utara yang telah membentuk LPM tingkat kota hingga kelurahan di Tanjungbalai. Direncanakan dalam waktu dekat akan dibentuk juga LPM tingkat kecamatan.

“Diharapkan LPM ini dapat bangkit, maju, dan berkembang di masa depan,” tambah Wali Kota.

Sementara itu, Ketua LPM Sumatera Utara, Rolel Harahap, mengingatkan bahwa LPM adalah organisasi independen dan tidak boleh terlibat dalam dukung-mendukung politik. Menurutnya, LPM bertugas merencanakan dan melaksanakan pembangunan secara gotong royong dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat.

“LPM harus steril dari kegiatan politik, karena organisasi ini difokuskan untuk memberdayakan masyarakat secara utuh,” tegas Rolel Harahap.

Pada acara tersebut, pengurus DPD LPM Kota Tanjungbalai periode 2023-2028 yang dilantik adalah Mardinsyah Putra Hasibuan sebagai ketua, M. Nur Harahap sebagai sekretaris, dan Zait Sianipar sebagai bendahara, beserta 92 anggota pengurus lainnya.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan petaka dari Ketua LPM Sumut, Rolel Harahap, yang didampingi Sekretaris Ir. Indra Mada Ritonga, kepada Mardinsyah Putra Hasibuan. Selain itu, sebanyak 403 pengurus LPM dari 31 kelurahan di Kota Tanjungbalai juga dikukuhkan oleh Wali Kota Tanjungbalai.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Forkopimda, Ketua TP PKK, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, para camat, lurah, kepala lingkungan, serta tokoh masyarakat Zaharuddin Sinaga, dan undangan lainnya. (Mariyani)

 

Loading