Kamis, September 19, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Ribuan Warga di Kecamatan Nanggung Antusias Sambut Rombongan Pembawa Bendera Pusaka di Malasari

NANGGUNG,Lensaexpose.com – Antusias ribuan pelajar dan masyarakat di Kecamatan Nanggung sambut rombongan PJ Bupati Bogor melakukan penjemputan Bendera Pusaka merah putih yang berada di Rumah Sejarah atau Pendopo Bupati pertama di Desa Malasari pada, Kamis 15 Agustus 2024.

Selanjutnya bendera akan di bawa ke Cibinong yang akan disandingkan dengan bendera dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) pada tanggal 17 Agustus 2024.

Kasie Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) Kecamatan Nanggung, Ujang Maulana menyampaikan bahwa sebelum lomba gerak jalan dimulai para pelajar tersebut terlebih dahulu menunggu rombongan yang menjemput Bendera Pusaka yang berada di Desa Malasari.

“Jadi, gerak jalannya nanti setelah bendera pusaka lewat kantor kecamatan baru akan kami mulai,“ ungkap Ujang Maulana kepada wartawan disela kegiatannya.

Ujang Maulana mengatakan bahwa hal itu sengaja dilakukan sebagai salah satu bahan pembelajaran bagi para siswa dan siswi baik itu tingkat Sekolah Dasar maupun yang lebih tinggi.

“Sengaja pelajar itu supaya tahu bahwa di wilayah Kecamatan Nanggung khususnya di Desa Malasari ini terdapat bendera pusaka,” katanya.

Ujang Maulana menyampaikan, ada sekitar 48 Sekolah Dasar mengirimkan peserta lomba gerak jalan sekitar 125 regu yang mengikuti lomba gerak jalan ini yang turut melakukan penyambutan Bendera Pusaka yang di ambil dari Rumah Sejarah di Desa Malasari oleh Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

“Sengaja para pelajar ini diberikan edukasi. Jadi, pas rombongan Forkopimda itu melewati kantor Kecamatan Nanggung para pelajar ini dapat mengetahui bahwa terdapat Bendera Pusaka yang di bawa,” katanya.

Menurut Ujang Maulana bahwa baru Tahun 2024 ini Bendera Pusaka tersebut dibawa dan akan dikibarkan pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kabupaten Bogor.

“Yang pertama memang baru tahun ini bahwa bendera Pusaka itu diambil dari malasari,” katanya.

Sehingga, kata dia, ada pesan penting baik terhadap para pelajar ataupun masyarakat luas bahwa momentum HUT RI ke-79 Tahun ini mengingatkan kembali bahwa di wilayah Kecamatan Nanggung tepatnya di Desa Malasari memiliki sejarah Kabupaten Bogor.

“Bahwa pesan nya agar masyarakat ini mengetahui sejarah, menghargai sejarah sehingga punya kebanggaan sendiri bahwa Nanggung itu teryata sejarah terpenting di Kabupaten Bogor,” katanya.

Dari pantauan Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu beserta rombongan tiba di depan Kantor Kecamatan Nanggung pada pukul 10.14 WIB tampak kendaraan nya menyempatkan dan berhenti sejenak untuk menyapa para pelajar yang sedari pagi menunggu rombongan melintas di depan Kantor Kecamatan Nanggung.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu berpesan bahwa momentum ini diharapkan dapat meningkatkan dan menjaga semangat nasionalisme masyarakat Kabupaten Bogor untuk terus mencintai Indonesia.

“Pesannya mari kita jaga semangat Nasionalisme,” ungkapnya. (Rdy)

Loading