Kamis, September 19, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Desa Putatnutug Launching Program Samisade Tahun Anggaran 2024, Begini Pesan Pj Bupati Bogor

CISEENG,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Putatnutug, Kecamatan Ciseeng Launching Program bantuan keuangan satu milyar satu desa atau Samisade tahun anggaran 2024 di Kampung Kedokan, Desa Putatnutug, Kecamatan Ciseeng, Bogor. Jumat 02 Agustus 2024.

Pada Launching kali ini, Desa Putatnutug mengusung tema “Dengan Program SAMISADE Mari Kita Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Dalam Rangka Mendukung Kabupaten Bogor Maju”

Ketua TPK Desa Putatnutug, Egi mengatakan program bantuan keuangan Samisade tahun anggaran 2024 itu akan dialokasikan untuk pembangunan jalan hotmix di 3 RT.

“Program Samisade tahap pertama ini kita alokasikan untuk pembangunan hotmix jalan lingkungan dan desa sepanjang 2.500 meter,” katanya.

“Lokasinya di Kampung Kedokan RW 01 meliputi 3 RT, RT 01, 02 dan RT 03. Pelaksanaannya setelah launching ini kita akan segera eksen,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, sebagai akan dimulainya pembangunan di wilayahnya, Kades M. Darmawan melakukan tes Drive salah satau alat berat.

Diketahui, dari 10 desa yang ada di Kecamatan Ciseeng, Desa Putatnutug yang pertama menerima program Samisade tahap pertama tahun anggaran 2024.

“Di Kecamatan Ciseeng, Alhamdulillah kita yang pertama menerima anggaran Samisade tahap pertama tahun anggaran 2024,” ujarnya.

Kades M. Darmawan juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut sama-sama mengawasi dan mengawal pembangunan tersebut.

“Saya mengajak kepada seluruh warga untuk ikut serta dalam pembangunan ini. Setelah dibangun tolong dijaga dan dirawat, karena program ini untuk mendorong kejahatan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menegaskan dan mengingatkan para kepala desa untuk memanfaatkan anggaran Satu Milyar Satu Desa (Samisade) dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Asmawa Tosepu pada saat penyerahan program Samisade kepada 10 desa di Bogor yang telah berlangsung di Desa Sasakpanjang, Tajurhalang, Bogor. Pada Jumat 26 Juli 2024 lalu.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, semangat utama bantuan keuangan infrastruktur desa atau Samisade adalah untuk mengakselerasi, mempercepat kemajuan pembangunan infrastruktur desa. Oleh karenanya, ia berharap kepada para kepala desa maksimalkan pemanfaatannya secara efektif, efisien, akuntabel, dan transparan.

“Saya titip Samisade ini yang anggarannya sangat besar, maka laksanakan program pembangunan infrastruktur desa ini dengan baik sesuai perencanaannya. Dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya secara transparan dan akuntabel, sesuai dengan tujuan programnya untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Asmawa.

Asmawa mengaku bangga di Kabupaten Bogor bisa memberikan bantuan keuangan infrastruktur desa sebesar satu milyar satu desa. Di tempat lain belum tentu bisa melakukan ini, maka manfaatkan anggaran ini semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta pemanfaatan Samisade selama tiga tahun terakhir juga harus dievaluasi secara menyeluruh. Saya akan cek secara rutin sejauh mana progres pelaksanaannya, Camat saya minta melakukan fungsi pengawasan, pendampingan dan asistensi kepada pemerintah desa, karena Camat adalah kepanjangan tangan Bupati di wilayahnya masing-masing,” tandas Asmawa.

Asmawa menjelaskan, Samisade bertujuan membangun sinergi dan kolaborasi semua pihak di desa, membuka aksesibilitas dengan membangun infrastruktur jalan sehingga pergerakan masyarakat dan juga barang semakin lancar, kemudian untuk membangun infrastruktur lainnya.

“Semua ini kita dedikasikan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor sebesar-besarnya, dengan meningkatkan pelayanan publik,” jelas Asmawa. (Rdy)

Loading