Sabtu, Oktober 19, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Penuhi Aspirasi Warga, Pemdes Cileungsi Kidul Realisasikan Pengaspalan Jalan dan Pembangunan Drainase di RW 001

CILEUNGSI,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Cileungsi Kidul, Kabupaten Bogor, memenuhi aspirasi warga RW 001 Kampung Sawah dengan merealisasikan pengaspalan jalan dan pembangunan drainase. Pembangunan tersebut merupakan tahap pertama dari Bantuan Keuangan Infrastruktur yang berasal dari APBD Kabupaten Bogor, sebelumnya dikenal sebagai Program Samisade. Proyek ini dimulai pada Minggu (6/10/2024).

Pengaspalan jalan yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bersama warga memiliki panjang 588 meter, lebar 2,5 meter, dan ketebalan 0,03 meter. Proyek ini menyerap anggaran sebesar Rp 600 juta (termasuk pajak).

Kepala Desa Cileungsi Kidul, Rudy Sukarya, S.E., menjelaskan bahwa perbaikan jalan ini menjadi prioritas, terutama di wilayah perbatasan RT 001 dan RT 003 RW 001, yang sudah lama mengalami kerusakan. Rudy menambahkan, realisasi proyek ini diharapkan bisa meningkatkan mobilitas warga serta mempercepat roda perekonomian di Kampung Sawah.

“Kami berharap pengaspalan jalan dan perbaikan drainase ini bisa memajukan wilayah Kampung Sawah serta mempermudah mobilitas warga. Dengan ini, perekonomian warga setempat juga bisa meningkat,” ujar Rudy.

Kampung Sawah merupakan salah satu wilayah padat penduduk di Desa Cileungsi Kidul. Kepadatan penduduk ini turut mendorong pertumbuhan toko dan warung di sepanjang jalan tersebut.

Rudy menambahkan, banyaknya usaha kecil di sepanjang jalan yang baru diaspal ini mendapat apresiasi dari warga, yang melihat proyek ini sebagai langkah maju bagi perekonomian desa.

“Banyak toko dan warung di sepanjang jalan ini karena padatnya penduduk. Pengaspalan jalan dan perbaikan drainase ini didukung penuh oleh warga karena dapat membantu kemajuan desa dan ekonomi masyarakat,” kata Rudy.

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa selain pengaspalan (hotmix), pembangunan drainase juga dilakukan di salah satu sisi jalan menggunakan precast u-ditch yang dilengkapi penutup.

Warga setempat menyambut antusias proyek ini. Mereka mengapresiasi pemerintah desa dan kabupaten yang telah merealisasikan perbaikan infrastruktur di wilayah mereka.

“Alhamdulillah, jalan kami sudah diaspal dengan baik dan drainase juga diperbaiki. Terima kasih kepada pemerintah desa dan Pemkab Bogor atas perhatiannya,” ujar seorang warga dengan wajah gembira. (Tom)

Loading