Sabtu, Oktober 5, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Pemdes Parigimekar Launching Program Samisade untuk Pembangunan Jalan dan Jembatan

BOGOR,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Parigimekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, launching program bantuan keuangan (Banke) tahap pertama tahun anggaran 2024 yang dikenal dengan program “Satu Milyar Satu Desa” (Samisade).

Acara ini berlangsung pada Selasa, 1 Oktober 2024, di aula kantor desa dan dihadiri oleh Sekcam Ciseeng Ahmad Rosadi, Kapolsek Parung AKP Doddy Rosjadi, Kasi Ekbang Lukman Ariandi, Kasi Trantib Tajudin, perwakilan UPT Dinas PUPR, serta tokoh desa lainnya.

Sekretaris Desa Parigimekar, Yuningsih, menjelaskan bahwa dana Samisade tahap pertama tahun ini akan dialokasikan untuk empat proyek pembangunan yang bertujuan meningkatkan perekonomian warga, khususnya di sektor pertanian dan perikanan.

“Proyek pertama adalah pengaspalan jalan di RT 05 RW 01 dengan panjang 439 meter dan lebar 2,5 meter, serta pembangunan saluran air sepanjang 300 meter. Proyek kedua berupa betonisasi jalan di RT 03 RW 02 dengan panjang 398 meter dan lebar 2,6 meter. Di RW 01, proyek ketiga adalah pembangunan saluran air sepanjang 650 meter,” jelas Yuningsih.

Selain itu, proyek keempat mencakup pengerasan akses jalan baru sepanjang 225 meter di RT 01 RW 02, pembangunan jembatan baru dengan volume 6×5 meter, serta pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 85 meter dan setinggi 3 meter.

“Pembangunan jembatan, jalan baru, TPT, dan saluran air ini merupakan solusi atas masalah sosial dan ekonomi yang dihadapi warga. Kami berharap manfaat dari pembangunan ini dapat dirasakan secara signifikan,” tambahnya.

Acara peluncuran ditandai dengan prosesi pemotongan pita oleh Kepala Desa Parigimekar, Ade Saprudin M. Ma’mun, sebagai simbol dimulainya program pembangunan di desa tersebut. (Rdy)

Loading