Minggu, Oktober 6, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Azwar Anas Minta Pemerintah Segera Realisasikan Pemekaran Bogor Barat

DRAMAGA,Lensaexpose.com – Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Dapil IV, Azwar Anas, menyatakan dukungannya terhadap aksi yang mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencabut moratorium Daerah Otonom Baru (DOB) secara parsial, khususnya untuk pemekaran Bogor Barat.

“Pemekaran Bogor Barat adalah suatu keharusan dan kebutuhan mendesak. Dengan wilayah yang terdiri dari 14 kecamatan, sudah sepatutnya Bogor Barat dimekarkan oleh pemerintah pusat,” ujar Azwar dalam orasinya di atas mobil aksi damai yang menuntut DOB Bogor Barat di depan gerbang dua Kampus IPB Dramaga, Kecamatan Dramaga.

Azwar menjelaskan, perjuangan untuk pemekaran Bogor Barat telah berlangsung selama 25 tahun, namun terganjal moratorium yang diberlakukan untuk DOB. Hal ini membuat aspirasi masyarakat Bogor Barat terhambat, meski banyak alasan yang mendukung pemekaran tersebut, seperti luas wilayah yang sangat besar dan potensi ekonomi yang signifikan, termasuk jumlah penduduk yang tinggi.

“Pemekaran ini penting untuk efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, peningkatan layanan kesehatan, dan percepatan pelayanan publik,” tambahnya.

Azwar mendesak Presiden Jokowi untuk segera mencabut moratorium tersebut agar DOB Bogor Barat bisa terwujud. Menurutnya, dengan jumlah penduduk yang mencapai 5,7 juta jiwa, wilayah ini layak dimekarkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, serta mengoptimalkan potensi wilayah.

“Untuk masyarakat Bogor Barat, dengan 14 kecamatan yang ada, pemekaran bukan lagi sekadar keinginan, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Sebagai anggota DPRD, saya akan terus mendorong pencabutan moratorium agar DOB Bogor Barat dapat terealisasi,” tegas mantan Ketua PK KNPI Kecamatan Cibungbulang tersebut.

Azwar juga mengapresiasi aksi damai yang dilakukan oleh mahasiswa, aktivis, ormas, tokoh masyarakat, dan berbagai elemen yang konsisten mengawal terwujudnya DOB Bogor Barat. Ia berharap pemerintah pusat dapat bijaksana dan merespons aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor ini.

“Dengan segala hormat, kami meminta pemerintah pusat untuk memprioritaskan pemekaran ini demi kesejahteraan rakyat, pengembangan potensi wilayah, peningkatan sumber daya manusia, serta penguatan infrastruktur dan birokrasi di wilayah Bogor Barat,” tutup Azwar. (Rdy)

Loading