Kamis, September 19, 2024
Jawa BaratPemerintahanPurwakarta

Desa Maracang Realisasikan Anggaran Banprov Tahun 2024 Untuk Tiga Titik

Purwakarta,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Maracang, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta merealisasikan anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) tahun 2024 ini, dalam berbagai kegiatan seperti pada Pembangunan Rehab Kantor Bumdes, Pembangunan sarana air bersih(SAB) dan Pembangunan jalan rabat beton.

Langkah itu dilakukan Pemdes Maracang demi terwujudnya pemberdayaan serta kesejahteraan, juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Desa Maracang Kusnadi, mengatakan, Anggaran Banprov selain untuk infrastruktur serta pembangunan, juga dialokasikan kepada tunjangan Perangkat Aparat Desa (TPAD), tunjangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan posyandu.

“Selain untuk tunjangan perangkat desa dan lainnya, Banprov juga kita realisasikan ke pembangunan fisik, seperti Rehab Kantor Bumdes dengan Anggran Rp.33.818.000, Jalan rabat beton Rp 19.705.000 dan Sarana air bersih Rp. 26.727.000,” ujarnya kepada awak media, pada hari Selasa (17/9/2024).

Terkait pengalokasian anggaran tersebut, kata Kusnadi, sudah melalui musyawarah bersama seluruh elemen masyarakat yang diwakili para tokoh baik tokoh agama, tokoh masyarakat dalam musyawarah desa.

“Kegiatan itu sudah melalui musyawarah desa, yang dihadiri oleh tokoh masyarakat,BPD, LPM juga dihadiri Pendamping Desa,” ungkapnya.

Dengan adanya bantuan dari Provinsi jawabarat ini, Kusnadi mengaku sangat membantu pihak desa. Hal itu dimana kebutuhan yang tidak bisa tercover dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dapat dibangun melalui anggaran Banprov.

“Alhamdulillah Banprov ini sangat membantu pemerintah desa, karena dengan adanya Banprov, kebutuhan yang tidak bisa di cover oleh dana desa bisa dibangun melalui Banprov,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TPK Indra, mengatakan, Dengan adanya kegiatan pembangunan di Desa, dapat memperdayakan warga desa kita ini,pungkas indra.

“Dengan adanya pembangunan fisik di desa, Alhamdulillah warga desa dapat menambah penghasilan dengan diberdayakan nya warga sekitar,” ucapnya.

Indra berharap, dengan diberdayakan nya warga desa dapat menghidupi perekonomian di desa Maracang.

“Mudah-mudahan dengan dilibatkan nya warga desa dalam setiap kegiatan pembangunan dapat menambah penghasilan warga serta dapat menghidupi perekonomian desa,” tutup Indra.(Ded/Crd)

Loading