Senin, September 16, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Realisasikan Program Samisade, Pemdes Leuwikaret Klapanunggal Bangun Jalan Desa

BOGOR,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Leuwikaret, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor Jawa Barat Betonisasi  jalan desa melalui program Samisade  tahap pertama.

Program Samisade adalah salah satu program Pemerintah Kabupaten Bogor berupa bantuan keuangan infrastruktur desa, yang diproyeksikan untuk mendorong peningkatan ekonomi desa.

Setiap Desa di Kabupaten Bogor mendapatkan bantuan Dana Samisade setiap tahunnya, yang mana merupakan bagian dari Pancakarsa Bogor Membangun.

Dari bantuan program Dana Samisade tersebut, Pemerintah Desa Leuwikaret membangun Betonisasi Jalan Desa di Kampung Cisayabu Rt 003 Rw 002- Kampung guha landeuh  Rt 002 Rw 003  volume P 660 m X,Lebar 3 m X  T 0,15  m (Tahap I) Anggaran Rp.585.000.000 ( termasuk pajak)

Kepala Desa Leuwikaret Acep Handayudin, menyampaikan bahwa pembangunan di Pemerintah Desa Leuwikaret sesuai petunjuk melaksanakan pekerjaan secara swakelola yang melibatkan warga sekitar yakni, RT, RW, Kadus setempat juga TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dan Perangkat Desa.

“Program Dana Samisade ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya.

Dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadaya nya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Dana Samisade ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah,” ujar Acep Handayudin  kepada media ini Rabu  (04/09/2024).

Acep Handayudin, berharap dengan terbangunnya kegiatan program Dana Samisade tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, imbuhnya.

Sementara Sekdes  Leuwikaret Hendi, mengatakan pembangunan  Betonisasi Jalan Desa walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten  Bogor. Program bantuan dana infrastruktur Dana Samisade yang digulirkan Pemerintah ini kami manfaatkan untuk membangun Betonisasi jalan desa,” terangnya.

Hendi, menambahkan, Pembangunan Betonisasi jalan desa  ini sarana memudahkan akses warga,  Hendi menyebut bahwa pembangunan Betonisasi Jalan Desa  tujuannya untuk memperlancar yang awalnya jalan kalo musim hujan Becek, agar supaya perekonomian masyarakat meningkat pesat.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran dana samisade  dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Leuwikaret ,” imbuhnya Hendi. (Teddy)

Loading