Senin, September 16, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Pimpin Pengambilan Bendera Pusaka di Malasari Nanggung, Pj. Bupati Bogor: Ini Bukti Sejarah yang Harus Dijaga dan Dilestarikan

NANGGUNG,Lensaexpose.com – Prosesi pengambilan bendera pusaka merah putih di rumah sejarah, Pendopo Bupati Pertama di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu pada, Kamis 15 Agustus 2024 merupakan salah satu bukti kekayaan sejarah yang harus di jaga dan dilestarikan.

Selanjutnya bendera akan di bawa ke Cibinong yang akan disandingkan dengan bendera dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) pada tanggal 17 Agustus 2024.

“Kegiatan ini lebih dimaknai sebagai upaya menghormati, menghargai, dan memperkokoh semangat nasionalisme sebagai sesama warga negara, terutama dalam memperingati ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79,” kata Asmawa Tosepu, kepada wartawan pada Kamis 15 Agustus 2024.

Menurutnya, prosesi ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi juga merupakan bagian dari upaya untuk menanamkan nilai-nilai sejarah dan semangat patriotisme kepada masyarakat, khususnya generasi muda di Kabupaten Bogor.

Asmawa juga mengungkapkan harapannya agar tradisi ini menjadi bagian dari budaya baru di Kabupaten Bogor, mengingat wilayah ini memiliki dua pendopo bersejarah satu di Malasari yang menjadi pusat pemerintahan sementara pada masa penjajahan, dan satu lagi di wilayah Cibinong yang kini menjadi pusat pemerintahan.

“Makna dari tradisi ini adalah untuk mengajarkan dan memberikan edukasi kepada generasi muda bahwa Kabupaten Bogor kaya dengan sejarah yang harus tetap kita jaga dan lestarikan,” katanya. (Rdy)

Loading