Kamis, September 19, 2024
BogorEkonomi BisnisJawa BaratPemerintahan

Pelaku UMKM di Kecamatan Rumpin Dapat Bantuan Alat Usaha Dari Dinsos Kabupaten Bogor

RUMPIN,Lensaexpose.com – Dinas Sosial Kabupaten Bogor melalui program PKH terus memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di setiap desa dan kecamatan.

Hal ini dibuktikan salah satunya dengan pemberian bantuan alat usaha bagi KPM dan para pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Kecamatan Rumpin.

Bantuan berupa gerobak, kompor gas, dispenser dan alat – alat lainnya untuk KPM PKH ini, diserahkan Camat Rumpin Icang Aliuddin dan disaksikan langsung Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Farid Ma’ruf, Senin (5/8/2024) kemarin.

Camat Rumpin mengungkapkan, tujuan utama pemberian bantuan tersebut adalah untuk membantu membangkitkan kesejahteraan ekonomi pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM).

“Bantuan di berikan kepada 5 KUBE dari 5 desa, yaitu Kampung Sawah, Rumpin, Cipinang, Rabak dan Leuwibatu. Tiap kelompok atau KUBE terdiri 3 anggota. Nanti alat tersebut digunakan secara bergantian,” ungkap Camat Icang Aliudin, Selasa (6/8/2024).

Selain pemberian bantuan alat usaha, lanjut Icang, para pelaku UMKM ini juga akan diberikan giat pelatihan usaha selama 1 hari. Hal ini bertujuan agar pelaku UMKM dapat berjualan secara baik dan mampu meningkatkan usahanya.

Pelaku UMKM Diberi Stand Gratis Di Bazar Gebyar Kemerdekaan

Komitmen Pemcam Rumpin guna membantu pelaku UMKM untuk bangkit juga dilakukan dengan cara memberikan stand berjualan gratis di giat gebyar kemerdekaan RI di halaman kantor kecamatan.

Giat Gebyar Kemerdekaan tersebut akan berlangsung pada tanggal 16 hingga 18 Agustus dengan puncak acara pada tanggal 17 Agustus 2024. Dalam kegiatan ini, akan ada beragam acara untuk masyarakat luas guna memeriahkan HUT RI.

“Kami siapkan sekitar 100 stand untuk pelaku UMKM dari 14 desa. Sehingga berbagai jenis usaha itu dapat berjualan. Gratis tanpa ada biaya sewa. Harapannya bisa ada perputaran uang, meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” papar Icang Aliudin.

Camat Rumpin berharap, adanya bantuan dan perhatian bagi para pelaku UMKM tersebut akan bisa jadi sarana untuk membangkitkan ekonomi warga secara umum dan meningkatkan kesejahteraan.

“Sehingga momentum peringatan Hari Kemerdekaan RI ini bisa jadi kebahagiaan dan dapat dirasakan oleh semua orang semaraknya,” tukas Camat Icang. (Rdy)

Loading