Senin, September 16, 2024
Jawa BaratPemerintahanPendidikanSukabumi

186 Mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi Ikuti KKM di Kecamatan Surade: Mahasiswa Siap Bersinergi dengan Stakeholder

Sukabumi,Lensaexpose.com – Dalam rangka menyiapkan talenta dan menambah pengetahuan melalui materi perkuliahan, sebanyak 186 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri Sukabumi mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) untuk tahun akademik 2023-2024.

Kegiatan ini berlangsung di 12 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Surade dari tanggal 5 hingga 24 Agustus 2024.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 10, R. Sonny Sondani, menyatakan bahwa KKM adalah bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“KKM memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat,” kata Sonny.

Sonny, yang juga ASN aktif di Dinas DPMD Kabupaten Sukabumi, menjelaskan bahwa KKM adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini melibatkan pendekatan lintas keilmuan dan lintas sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

“Diharapkan para mahasiswa mendapatkan keahlian dan pengalaman, serta terjalin silaturahmi saat mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat dan melihat aktivitas warga di lapangan,” tambahnya.

Para mahasiswa diharapkan dapat bersinergi dengan seluruh stakeholder di desa, termasuk Pemerintah Desa (Pemdes), Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan masyarakat.

Mereka diharapkan membantu dalam kegiatan pemerintahan desa, administrasi desa, pemberdayaan UMKM, serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Kepala Desa Wanasari, Sudarmi menyambut gembira kehadiran para mahasiswa yang akan melaksanakan KKM di Desa Wanasari.

“Silakan bersinergi dengan aparatur desa, lembaga kemasyarakatan seperti Karang Taruna, Pemuda Pancasila, Ibu PKK, atau langsung dengan masyarakat.

Cari yang baik, jauhi yang tidak baik. Bantu dorong keinginan masyarakat kami, terutama dalam bidang UMKM. Harapannya, terjadi simbiosis mutualisme antara mata kuliah yang kalian pelajari dengan pengalaman atau kebiasaan hidup masyarakat di desa kami,” pungkas Sudarmi.

Dengan adanya KKM ini, diharapkan para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di kampus dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Kecamatan Surade. (Very ub)

Loading