Sabtu, September 7, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Desa Pabuaran Sukamakmur Bangun Jalan Desa

BOGOR,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor Jawa Barat bangun Hotmix jalan desa melalui program dana desa (DD) tahap pertama.

Program Dana Desa adalah salah satu program Pemerintah Kabupaten Bogor berupa bantuan keuangan infrastruktur desa, yang diproyeksikan untuk mendorong peningkatan ekonomi desa.

Setiap Desa di Kabupaten Bogor mendapatkan bantuan Dana Desa setiap tahunnya, yang mana merupakan bagian dari Pancakarsa Bogor Membangun.

Dari bantuan program Dana Desa tersebut, Pemerintah Desa Pabuaran membangun Hotmix Jalan Desa di Kampung Ciherang Girang Rt 001 Rw 007 volume 225  X,Lebar 2,5 m (Tahap I)

Kepala Desa Pabuaran Deden Aden, menyampaikan bahwa pembangunan di Pemerintah Desa Pabuaran sesuai petunjuk melaksanakan pekerjaan secara swakelola yang melibatkan warga sekitar yakni, RT, RW, Kadus setempat juga TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dan Perangkat Desa.

“Program Dana Desa ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya.

Dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadaya nya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Dana Desa ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah,” ujar Deden  Aden kepada media ini Rabu (17/07/2024).

Deden  Aden, berharap dengan terbangunnya kegiatan program Dana Desa tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, imbuhnya.

Sementara Kasie Kesra Desa Pabuaran Asep S mengatakan pembangunan  Hotmix Jalan Desa walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten  Bogor. Program bantuan dana infrastruktur Dana Desa yang digulirkan Pemerintah ini kami manfaatkan untuk membangun Hotmix jalan desa,” terangnya.

Asep, menambahkan, Pembangunan Hotmix jalan desa  ini sarana memudahkan akses warga,  Asep menyebut bahwa pembangunan Hotmix Jalan Desa  tujuannya untuk memperlancar yang awalnya jalan kalo musim hujan Becek, agar supaya perekonomian masyarakat meningkat pesat.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran dana desa  dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Pabuaran,” imbuhnya Asep. (Teddy)

Loading