Minggu, Juli 14, 2024
Bandung BaratJawa BaratPemerintahan

HUT Bandung Barat ke-17th, Pj Bupati Ade Zakir: KBB Banyak Kemajuan dalam Kurun waktu Tersebut

BANDUNG BARAT,Lensaexpose.com – Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Ade Zakir, menyampaikan sambutan penuh semangat dalam peringatan Hari Jadi ke-17 Kabupaten Bandung Barat. Dalam pidatonya, Ade Zakir mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat atas pencapaian ini. Rabu, (19/06/2024).

“Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi ke-17 Kabupaten Bandung Barat ini sebagai momentum untuk terus menggelorakan semangat bersama membangun Kabupaten Bandung Barat menuju hari esok yang lebih baik,” ujar Ade Zakir.

Ia menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder, termasuk pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat, dan sektor swasta.

Ade Zakir juga mengakui banyaknya kemajuan yang telah dicapai selama 17 tahun terakhir, yang tidak lepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat. “Hal ini merupakan bentuk nyata upaya perwujudan dari motto Kabupaten Bandung Barat, yaitu ‘Wibawa Mukti Kerta Raharja,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Zakir menjelaskan makna motto tersebut. “Wibawa Mukti artinya suatu tatanan kehidupan yang mencerminkan tekad dan keinginan kuat dalam menata kehidupan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan.

Kerta Raharja adalah tatanan kehidupan yang didambakan masyarakat, yaitu sejahtera lahir maupun batin, dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa.”

Tema peringatan kali ini, “Sasareungan Ngabangun Lembur,” yang berarti “bersama-sama membangun Kabupaten Bandung Barat tanpa meninggalkan adat istiadat dan budaya,” menjadi harapan besar bagi pemerintah dan masyarakat.

Ade Zakir juga menyampaikan apresiasi atas berbagai prestasi yang telah dicapai Kabupaten Bandung Barat, termasuk penurunan tingkat kemiskinan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 70,33 pada tahun 2023, serta peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita.

“Pada APBD tahun anggaran 2023, pendapatan ditargetkan sebesar Rp. 3,375 triliun terealisasi sebesar Rp. 3,019 triliun atau mencapai 89,46%,” ungkapnya.

Selain itu, Kabupaten Bandung Barat kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia untuk keempat kalinya atas laporan keuangan pemerintah daerah.

“Ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Bandung Barat,” tegas PJ Bupati Ade Zakir.

Menutup sambutannya, Ade Zakir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang tahapannya sudah dimulai.

“Mari kita sukseskan Pilkada serentak di Jawa Barat dan di Kabupaten Bandung Barat, dengan harapan melahirkan pemimpin-pemimpin yang amanah, shiddiq, tabligh, dan fathonah,” ajaknya.

Ade Zakir pun menutup pidatonya dengan harapan dan doa agar Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan meridhoi segala daya dan upaya masyarakat Bandung Barat. “Dirgahayu ke-17 Kabupaten Bandung Barat,” tandasnya. (Tina)

Loading