Sabtu, Juli 20, 2024
BogorDaerahJawa BaratSosial & Budaya

Terdampak Kekeringan, Warga Pondok Udik Membuat Kolam Air Buat Kebutuhan Sehari-hari

KEMANG,Lensaexpose.com – Puluhan keluarga di Kampung Pondok RT 1 RW 2 Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang saat ini mengalami kekurangan air bersih akibat dampak kekeringan.

Musim kemarau cukup panjang ini, membuat warga masyarakat yang ada di kampung tersebut memutar otak dan mencari cara untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih.

“Di wilayah saya, kurang lebih ada 30 Kepala Keluarga yang kesulitan air bersih akibat dampak musim kemarau. Saat ini warga mencari air bersih dari kobak (kolam dari sumber air – Red),” ungkap Soleh Ketua RT 01, Jum’at (1/9/2023).

Ia mengungkapkan, beberapa waktu lalu juga telah dilakukan kerja gotong-royong bersama, guna membuat kolam air ini lebih bisa maksimal menampung air, sehingga bisa digunakan warga.

“Jadi warga membersihkan dan merapikan area kobak tersebut, agar lebih bersih. Lalu membuat pipa saluran air seadanya agar bisa dimanfaatkan airnya,” ungkap Soleh.

Namun, lanjutnya, saat ini warga terkendala oleh ketiadaan torn air (drum penampung air-Red) ukuran besar. Hal ini diperlukan agar air yang dikonsumsi warga bisa lebih banyak, lebih aman dan bersih.

“Iya kami butuh torn ukuran 5 ribu liter, pipa PVC ukuran 1 inci untuk instalasi air dan kabel listrik. Sebab jarak kobak ke rumah warga cukup jauh sekitar 150 meter,” ujarnya.

Soleh berharap, ada pihak – pihak yang dapat membantu kesulitan dan kebutuhan warga tersebut. Sehingga masalah kebutuhan air bersih bisa tercukupi dengan baik.

“Air bersih ini kan untuk kebutuhan utama bagi warga, seperti untuk memasak, minum dan mencuci. Kalau air harus beli, kasian warga karena kondisi ekonomi sedang sulit,” pungkas Ketua RT. (Rdy)

Loading