Jumat, Oktober 18, 2024
Sumatera UtaraTanjungbalai

Sosialisasi Program Pendamping Dalam Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023

Tanjungbalai | Lensa Expose.com

Dalam rangka Sosialisasi telah dilaksanakan program pendamping dalam percepatan  penurunan Stunting tahun 2023,bertempat di Grand Baliroom Hotel Singgie L 6 Jl Cokro Aminoto Kelurahan Pantai Burung Kecamatan Tanjung Balai Selatan Kota Tanjung Balai .(11/8).

Turut Hadir :Walikota Tanjung Balai H. Waris Tholib S. Ah. MM,  Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sumut Dr Munawar Ibrahim, Ketua Pelaksana Pendamping Perguruan Tinggi USU Neni Dwi Apriani Lubis SP Msi, Kadis PP & KB Tanjungbalai Darul Yana Siregar, Kadis Kesehatan Tanjungbalai Dr Hj Nur hidayah Ar M KesCamat STR Maria Santifa Lurah  Pasar Baru DahliaLurah Sei Raja Normah.

Dari laporan Ketua Panita Neni Dwi Apriani Lubis SP Msi menyampaikan : rasaterima kasih kepada bapak Walikota Tanjungbalai beserta Tamu Undangan sudah sudi kiranya hadir di acara Sosialisasi Program Pendamping Dalam Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

Pada penanganan penurunan stunting di Kecamatan Sei Tualang Raso di 2 Kelurahan yaitu Kelurahan Pasar Baru dan Kelurahan Sei Raja.

Pada kegiatan Sosialisasi ini kami undang Peserta dari Kader TPK, Siswa- Siswi berserta Tokoh tokoh. camat Beserta Lurah, KUA di 2 Kelurahan tersebut.

Sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sumut Dr Munawar Ibrahim menyampaikan :  Terima Kasih Karena sudah menyambut baik kedatangan kami dikota Tanjungbalai di kesempatan kali ini dalam acara Sosialisasi Program Pendamping Dalam Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

Tujuan kami adalah untuk menurunkan angka stunting di wilayah Sumut termasuk dikota Tanjungbalai dengan cara seperti yang kita laksanakan dan mendampingi petugas yang di lapangan nantinya.

Sambutan Wali Kota Tanjungbalai H. Waris Tholib S. Ag MM menyampaikan :Kami sangat mendukung kegiatan ini karena berdasarkan Perpres No 72 Tahun 2021 sebagai pedoman turunan dalam pelaksaan rencana Aksi Nasional percepatan penurunan stunting, perguruan tinggi termasuk didalam struktur sebagai koordinator monitoring evaluasi percepatan penurunan stunting salah satu peran perguruan tinggi adalah turut membantu masyarakat terutama pada pemenuhan gizi yg sehat beragam dan seimbang.

Wali Kota Tanjungbalai merasa terbantu dengan program kegiatan ini, dimaanaa berdasarkan hasil evaluasi kota Tanjungbalai menjadi salah satu kota yang terpilih untuk dilakukan pendamping yakni di 2 kelurahan yg merupakan kampung KB yakni kelurahan Pasar Baru dan kelurahan Sei Raja dengan Klasifikasi Kampung KB Berkembang.

Semoga melalui Kegiatan ini mahasiswa perguruan Tinggi dapat membantu pemerintah kami dalam memberikan pendamping bagi keluarga beresiko stunting, Perguruan tinggi juga membantu memperkuat perencanaan dan penganggaran penanganan stunting, meningkatkan kwalitas pelaksanaan percepatan penurunan angka Stunting, meningkatkan kualitas pemantauan evaluasi dan peelaporan serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Pemaparan oleh Dr Juliandi Harahap MA Sp KK LP menyampaikan : Upaya Koordinasi percepatan penurunan Stunting Kota Tanjungbalai.

Hambatan / Kendala Pelaksana Percepatan peenurunan Stunting Kota Tanjungbalai.

Tindak Lanjut Perceptan penurunan Stunting Kota Tanjungbalai

Rekomendasi Dukungan yang diperlukam dari pemeritah Provinsi dan Pusat. Strategi Nasional percepatan penurunan Stunting. (A Fazari)

Loading