Pemkot Tanjungbalai Gelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/ 2022 M

Tanjungbalai | Lensaexpose.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/ 2022 M, di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Senin (17/10) sore.

Acara itu dihadiri Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib didampingi Plt Ketua TP-PKK Hj Fatiah Haitami Waris, Forkopimda Tanjungbalai mewakili Dandim 0208 Asahan Danramil 17/DB Kapt Inf. Endar Siregar, mewakili Danlanal TBA. Letda Laut (S) Arif F.K.Y, mewakili Kapolres Tanjungbalai Kasat Binmas. AKP. Edi Siswoyo, mewakili Kejari Tanjungbalai. Nurul Ayu, Kepala Kementerian Agama Tanjungbalai. Dr. H. Al-Ahyu, Ketua Majelis Ulama indonesia (MUI) Kota Tanjungbalai H. Hazrul Aswad.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang mengambil tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW” dan mengundang Penceramah Prof Dr H Abdullah Jamil Msi, salah satu Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN).

Dalam sambutannya, Wali Kota Waris mengatakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingat atas kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Visi Misi Pemerintah Kota Tanjungbalai adalah Berprestasi, Religius, Indah dan Harmonis (BERSIH), walaupun kita tau belum sepenuhnya terwujud, tetapi melalui acara ini kita berharap Visi Misi tersebut dapat kita capai dengan kebersamaan kita semua, ujar Waris.

“Saya juga berharap dukungan semua pihak dalam mengembalikan Kota Tanjungbalai sebagai Kota Ulama. Kita tau dahulu kota kita ini terkenal sebagai Kota Ulama, mari kita bangkitkan kembali Kota kita menjadi Kota ulama, salah satunya mewujudkan setiap satu rumah ada penghafal ayat suci Al-Qur’an, kita ingin kota Tanjungbalai ini banyak pondok pesantrennya juga dan Alhamdulillah di kota kita ini sudah ada Pondok Pesantren yang sudah kita resmikan, semoga ke depan Kota Tanjungbalai ini semakin banyak pondok pesantrennya,” harap Waris.

Melalui peringatan Maulid Nabi ini, kita jadikan momentum dan memetik nilai moral dengan memahami dan mengikuti akhlak terpuji dari kisah riwayat hidup Nabi Muhammad SAW yang kita yakini kebenarannya, Pungkas Wali Kota Waris Tholib.

Sementara itu, penyampaian tausiah oleh Al-ustadz. Prof. Dr. H. Abdulah Jamil menyampaikan tentang 4 (Empat) Sifat Rasulullah SAW yakni pertama As- Shidiq artinya selalu benar dan jujur, Kedua Al-Amanah artinya dapat dipercaya, Ketiga At-Tabligh yang berarti menyampaikan.

Rasul selalu menyampaikan wahyu dari Allah untuk semua umat muslim tak berhenti pada keluarga atau sahabatnya sendiri. Sebab menyampaikan wahyu dari Allah kepada umat manusia merupakan tugas untuk rasul yang wajib dilaksanakan serta ke empat yakni Al-Fathonah berarti memiliki kecerdasan.

“Itulah beberapa sifat wajib bagi para rasul yang layak kita teladani sebagai seorang umat Islam. Jadi, kekuatan akhlak inilah yang menjadi pondasi dalam kepemimpinan Nabi SAW. Dan, Akhlak Nabi adalah Alquran. Allah SWT menegaskan, ”Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (QS al-Qalam [68]: 4). Ketika Aisyah RA ditanya tentang akhlak Nabi SAW, dia menjawab bahwa akhlak Nabi adalah Alquran. (HR Muslim),” pesan H. Abdulah Jamil mengakhiri tausiyah nya.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW diisi dengan Doa dan Dzikir bersama dan penampilan Marhaban.

Turut hadir juga dalam kegiatan itu para pimpinan OPD, Camat, Lurah serta ASN dilingkungan Pemkot Tanjungbalai. (A Fazari)

 35 total views,  1 views today