Kamis, April 18, 2024
Pemerintahan

DPC APDESI Kabupaten Garut Gelar Musyawarah Cabang Ke-IV Tahun 2022

Garut, Lensa Expose.com

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupten Garut menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Ke-lV Tahun 2022 yang bertempat di Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Rabu (20/7/2022).

Muscab APDESI ini digelar dalam rangka pemilihan Ketua dan Pengurus Cabang APDESI Kabupaten Garut Tahun 2022-2027 dengan mengambil tema ” Membangun APDESI Dari Akar Rumput ” .

Turut hadir acara tersebut Wakil Bupati Garut, dr.Helmi Budiman, Kadis DPMD Garut, Wawan Nurdin, Ketua APDESI Jabar, Dede Kusdinar, Kapolres Garut yang diwakili, Kajari Garut diwakili, Pengurus APDESI Garut, para Kepala Desa se-Kabupaten Garut, Ketua Parade Nusantara, Ketua Pemuda Pancasila MPC Garut dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua APDESI Jawa Barat, Dede Kusdinar mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para Kepala Desa yang telah hadir sebagai peserta di Muscab APDESI Kabupaten Garut.

“Selamat dan terimakasih kami ucapkan karena telah hadir pada acara Muscab APDESI Kabupaten Garut,” katanya.

Lanjut Dede, Ia menyampaikan, bahwa Muscab yang ke-4 adalah merupakan langkah satu awal untuk Kabupaten Garut menjadi tolak ukur Kabupaten lain dapat melaksanakan Muscab yang terbuka dan transparan.

“Mudah-mudahan nanti kedepan bisa diikuti oleh perangkat desa bukan hanya kepala desa saja, ini akan lebih fair semua anggota memilih pemimpin kita untuk memimpin pemerintah desa,” paparnya.

Kendati demikian, Ia menegaskan dalam kesempatannya berharap para kepala desa dapat menjaga kekompakan dan saling berkoordinasi terutama kepada Pemerintahan.

“Saya titipkan siapapun yang terpilih nanti harus betul-betul membawa marwah organisasi kita kedepan lebih baik jangan sampai dikuasai oleh senioritas kepengurusan yang akhirnya terkotak-kotak,” tegas Dede Kusdinar.

Harapan Ketua APDESI Jabar untuk di kepengurusan Box DPC harus ada perwakilan setiap Kecamatan yang duduk di kepengurusan Kabupaten. “Jangan sampai ada Ketua DPK merangkap menjadi pengurus DPC akhirnya informasi dari DPC tidak sampai ke rekan-rekan yang ada di daerah, “ungkapnya.

Selain itu, pihaknya mengajak  kepada pengurus terpilih nanti agar dapat berkoordinasi dengan Eksekutif dalam hal ini Bupati dan jajarannya dan Legislatif yang mengesahkan anggaran serta koordinasi dengan pihak Yudikatif (APH) karena banyak kepala desa yang tersandung masalah hukum, ini adalah tugas pengurus.

“Selamat melaksanakan pemilihan secara demokrasi, terbuka dan transparan sehingga apapun hasil yang didapatkan merupakan keputusan terbaik dalam forum musyawarah,” pungkas Ketua APDESI Jabar.  (Suwito)

Loading