Kamis, April 25, 2024
DaerahPemerintahan

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pasokan Sayur Ke Pasar Lipat Kajang Berkurang

Beltim | Lensaexpose.com

Harga bahan kebutuhan pokok terbilang stabil jelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah. Hanya jumlah pasokan sayuran yang masih sangat kurang.

Hasil temuan ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Fachrozi saat melakukan Monitoring ketersedian barang menjelang hari raya Iduladha 1443 H bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Pasar Lipat Kajang Manggar serta agen di Kota Manggar, Selasa (5/7/22).

Harga pasar, harga-harga saat ini cenderung masih stabil, baik harga daging sapi maupun ayam. Justru pasokan sayuran yang kita lihat masih kurang, kurangnya pasokan dari petani lokal petani kita yang masih sangat kurang,” ungkap Ikhwan.

Lonjakan pembeli ada pada komoditi telur. Namun pada pantaun harga masih stabil harga perbutir Rp2.000, rata-rata masyarakat membeli 20 butir, untuk kebutuhan harian.

Ditambahkannya saat ini kondisi pasar masih sepi, namun Ikhwan memprediksi jika H-4 Iduladha peningkatan konsumsi bahan kebutuhan pokok akan meningkat. Kalau pun sampai terjadi kenaikan harga Pemkab Beltim sudah menyiapkan operasi pasar lewat bazar kebutuhan pokok.

Kebutuhan diprediksi akan meningkat seiring dengan mendekati hari raya. Namun masyrakat tidak perlu panik, kalau pun nanti terjadi kenaikan harga, masyarakat tidak perlu khawatir, Pemkab Beltim akan mengambil langkah, seperti salah satunya dengan menyediakan bazar kebutuhan pokok dengan harga di bawah harga pasar,” kata Ikhwan.

Untuk dapat menekan harga bahan kebutuhan ke depannya, Ikhwan pun terus menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang ada di rumah untuk menanam sayuran ataupun beternak unggas.

Kita menghimbau kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumahnya. Hal ini kita harapkan mampu membantu kebutuhan rumah tangga masing-masing,” ujar Ikhwan.

Berikut daftar harga bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Beltim per tanggal 5 Juli 2022.

1. Cabe rawit merah Rp 130.000/kg

2. Cabe rawit belitung Rp 160.000/kg

3. Bawang Merah Rp 85.000/kg

4. Bawang Putih Rp 28.000/kg

5. Daging sapi Rp 140.000/kg

6. Daging ayam Rp 48.000/kg

7. Telur ayam ras Rp 2.000/butir. (Tomy)

Sumber: Simonhar Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdaganga Kabupaten Belitung Timur.

Loading