Kamis, Maret 28, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Jaga Budaya Gotong-royong, Pemcam Ciseeng Rutin Lakukan Giat Jumsih dan Jumling Bersama Warga

BOGOR – Program Pemerintah Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor sedang berinovasi dalam giat jumat keliling (Jumling) dan jumat bersih (Jumsih). Dalam giat jumling yang dilakukan oleh Pemcan ciseeng dilaksanakan di setiap desa yang ada di kecamatan tersebut. Sedangkan giat jumsih dilaksanakan di setiap dua minggu sekali di masing-masing desa.

Hal itu dikatakan Agus Sopyan, selaku Plt Camat Ciseeng Kabupaten Bogor kepada lensaexspose.com ketika disambangi dikantornya, Senin (4/7/2022).

Menurut Agus sopyan, kedua kegiatan itu bertujuan untuk ajang silaturahmi warga dengan aparatur pemerintahan dan mengajak serta membiasakan warga hidup dilingkungan yang sehat sekaligus untuk beribadah kepada Allah SWT.

Kemudian manfaat kegiatan bersih-bersih dilingkungan itu dari sampah yang dibuang sembarangan, drainase yang padat lumpur, saluran air yang sudah bersih dari endapan lumpur sehingga air lancar mengalir supaya dilingkungan itu mendapatkan lingkungan yang sehat.

“Kami selaku aparatur pemerintahan dikecamatan ciseeng memprogramkan jumsih dan jumling kedesa desa melaksanakan kegiatan bersama warga dua minggu sekali itu secara bergilir,” ujar Agus Sopyan.

Selain itu giat jumling dan jumsih tersebut mendapat tanggapan positif, seperti yang di ungkapkan oleh Asep Suhendar, selaku Kades Cibeuteung muara, dari dua kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif.

“Secara bergotong-royong masyarakat dengan aparatur pemerintahan kecamatan secara bersama sama membersihkan berbagai sampah adalah merupakan program yang baik dan ada pesan disana hidup sehat dilingkungan yang sehat serta menjadi ajang silaturahim. Besar nilai positifnya dimata masyarakat pedesaan dikecamatan ciseeng,” ungkap Asep Suhendar Kades Cibeuteung Muara. (RY/ZH)

Loading