Rabu, April 24, 2024
DaerahPemerintahan

Diskusi Pertanian Untuk Mencapai Kedaulatan Pangan

Banjar,Lensaexpose.com – Diskusi pertanian yang dilaksanakan oleh para tokoh pertanian yang dilaksanakan di Tepas Konci, Kelurahan Pataruman (02/07/22).

Yang menjadi pelopor pertemuan ada beberapa tokoh besar,diantaranya bu yuyun dari villa tani dan toko panen raya,selain itu turut hadir pula pa h.kinding dari PT lumbung.

Saat diskusi para peserta pun itu dari berbagai kalangan dan pekerjaan yang sebetul bukan bidang petani tapi ingin menjadi petani.

Saat dikonfirmasi H. Kinding menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah pertemuan dalam bentuk diskusi sederhana. Dalam tahap awal ini belum banyak terkait wawasan pertanian yang dibedah karena masih menggali potensi yang ada diwilayah yang meliputi peserta diskusi.

Baru nanti ke pemetaan dalam pertemuan selanjutnya terkait permintaan pasar. Sehingga dari perencanaan,penanaman,panen dan penjualan sudah bisa terkonsef dengan matang.

“Jadi untuk resiko sudah diminimalisir diawal untuk menghindari kerugian dari para petani.

Jadi harapan pertemuan ini kita mengambil tema “kedaulatan pangan” minimal keluarga tetangga tidak kekurangan terkait kebutuhan pangan dari hal itu kita harus menerapkan “suka bertani dan sayangi petani”,ucapnya.

Saat mengkonfirmasi perwakilan dari villa tani dan toko panen raya,bu yuyun sangat mendukung apa yang disampaikan pa haji,karena yang diharapkan dari diskusi saat ini persiapan awal pemetaan kedepan dalam rencana yang matang agar nanti ketika para penggiat pertanian dapat berjalan lancar dan tidak bingung terkait akses penjualannya.

“Untuk peserta hari ini sekali pun masih banyak yang berhalangan alhamdulillah terlihat antusias dari beberapa wilayah termasuk dari lapas kota banjar turut hadir untuk menyerap program pertanian sederhana yang dapat diterapkan nantinya terhadap warga binaan,” terangnya.

Selain itu ada petani penggarap dari wilayah mekarharja yang membudidayakan kunyit hitam. Ada pula yang membidangi bunga dari bojongkantong dan tak ketinggalan perwakilan dari budidaya vaneli.

“Semoga kedepan sudah betul-betul terstruktur agar dapat terlaksana kedaulatan pangan dimasyarakat secara menyeluruh,” pungkasnya. (Suryatno)

Loading