Jumat, April 19, 2024
DaerahPemerintahanTNI/POLRI

Polres Batu Bara Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Toba 2022, Kapolres Bacakan Teks Amanat dari Kapodasu

Batu Bara | Lensaexpose.com

Polres Batu Bara melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Ops Patuh Toba 2022 giat Polres Batu Bara pada Senin 13 Juni 2022 sekira Pukul 08.00 Wib telah dilaksanakan Apel gelar pasukan dalam rangka OPERASI PATUH TOBA 2022 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Batu Bara AKBP Jose Dc Fernandes, S.I.K dan Perwira Apel IPTU J Manurung bersama Komandan Apel IPDA Riki Hamdany, SE.

Pada apel gelar pasukan ini diikuti oleh Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes, Dandim 0208/ As dalam hal ini diwakili Oleh Danramil lima puluh Kapten Inf N Panjaitan.

Kemudian juga di ikuti Waka Polres Batu Bara KOMPOL Jono Sirait, Mewakili Bupati Batu Bara, Mewakili Kajari Batu Bara, Mewakili Kadishub Batu Bara, Para Kabag Polres Batu Bara, Para Kapolsek Jajaran Polres Batu Bara, dan Para Tokoh Masyarakat.

Lebih lanjut adapun para Peserta Upacara 1 (satu) Pleton Kodim, 1 (satu) Pleton Batalyon, 1 (satu) Pleton Sat Lantas Polres Batu Bara, 1 (satu) Pleton Sat Sabhara Polres Batu Bara, 1 (satu) Pleton Perwakilan dari Posek Jajaran, 1 (satu) Pleton Gabungan Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Sat Intelkam Polres Batu Bara, 1 (satu) Pleton SatPol PP Kab. Batu Bara, 1 (satu) Pleton Dishub Batu Bara, 1 (satu) Pleton BNPB

Kemudian memasuki Tertib Acara, Komandan Apel Memasuki Lapangan Apel Pasukan disiapkan oleh Laporan Perwira Apel kepada Pimpinan Apel, Pimpinan Apel memasuki Lapangan Apel, Penghormatan Pasukan kepada Pimpinan Apel, Laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel dilanjutkan dengan Pemeriksaan Pasukan, Penyematan Pita Tanda Operasi Patuh Toba 2021 di pimpin oleh Pimpinan Apel.

Selanjutnya, Amanat Kapolda Sumut (Kapoldasu), Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. dalam amanatnya di sampaikan KEPALA KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA UTARA yang (Dibacakan Kapolres Batubara).

Dalam membacakan teks Kapolres Batu bara menyebutkan, Sebagai Insan Hamba Tuhan Yang beriman marilah kita senantiasa mengucapkan puji syukur kehadirat allah swt, tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-nya, sehingga kita masih dapat hadir untuk mengikuti kegiatan: ”apel gelar pasukan operasi patuh toba – 2022” dalam keadaan sehat wal’afiat bagi para peserta apel yang terhormat.

permasalahan bidang lalu lintas di sumatera utara khususnya di kota medan, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang tidak sebanding dengan perkembangan jumlah dan pembangunan infra struktur jalan Yang ada.

selain itu, perkembangan transportasi telah menginjak era digital. dimana operasional angkutan publik sudah semakin canggih, cukup menggunakan handphone. modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja POLRI khususnya polantas, pembangunan etle (electronic traffic law enforcement) merupakan salah satu pengembangan inovasi yg bertujuan utk penegakan hukum di bidang lalu lintas berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik (digitalisasi).

berdasarkan data yang ada bahwa kecelakaan lalu lintas yg terjadi pd tahun 2021 sejumlah 5.616 kss, terjadi trend penurunan sebanyak 467 kss (-7,68%) jika dibandingkan dgn kss.

laka lantas thn 2020, meninggal dunia sbyk 1.566 org mengalami trend penurunan sbyk 104 org (-6,23%), luka berat sbyk 1.933 org mengalami kenaikan sbyk 113 org (-5,52%) dan luka ringan sbyk 5.911 org mengalami trend penurunan sbyk 600 org (-9,22%) jika dibandingkan dgn tahun 2020.

sedangkan utk thn 2022 (januari s/d mei 2022) laka lantas sbyk 2.562 kss, meninggal dunia sebanyak 691 organ, luka berat sebanyak 851 orang dan luka ringan sebanyak 2.723 orang.

Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcar lantas menjelang hari bhayangkara ke 76 thn 2022 dan meningkatkan kepatuhan, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta menekan terjadinya laka lantas, polda sumatera utara beserta jajaran menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “operasi patuh toba 2022” selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 13 s/d 26 Juni 2022.

Adapun tema ops patuh toba ini adalah “tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa”, melalui operasi “patuh toba-2022” kita wujudkan.

Kamseltibcar lantas yang aman dan lancar menjelang hari bhayangkara ke 76 tahun 2022, menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas serta meningkatanya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Pola pelaksanaan operasi patuh toba 2021 ini adalah mengedepankan giat preemtif dan preventif serta di dukung gakkum dengan menggunakan etle (electronic traffic law enforcement), teguran dgn simpatik kepada pelanggar lalu lintas, tidak di perkenankan untuk melakukan penindakan hukum secara stasioner.

Para peserta apel yang saya hormati,
adapun cara bertindak yang harus dipedomani pada operasi patuh toba 2022 adalah sebagai berikut:

1. Melaksanakan binluh kepada masyarakat.

Tentang kamseltibcar lantas berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker baik melalui media cetak, elektronik maupun medsos

2. Melaksanakan Edukasi Dan Membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas.

Memanfaatkan perangkat RTMC (regional traffic managemen center) sebagai sarana untuk melaksanakan gakkum secara elektronik dengan menggunakan system etle melakukan counter opini terhadap berita- berita hoaks di medsos, online maupun mainstream terkait ops patuh toba-2022.

Sebelum mengakhiri amanat ini, kepada
seluruh personil, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan operasi agar : panjatkan doa kepada tuhan yang maha esa sebelum melaksanakan tugas, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.

Lakukan operasi ini sesuai prosedural, tidak arogan dengan simpatik dan humanis 3 S (sabar, sopan dan senyum).

Kepada Para Perwira selaku pengendali dan bidpropam serta itwasda selaku pengemban fungsi pengawasan mampu melakukan pendisiplinan terhadap personil dalam pelaksanaan operasi keselamatan toba-2022.

Jadilah teladan dalam berlalu lintas, untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat.

Teruslah berbuat baik, kerja cerdas, kerja cepat dan kerja tuntas.

Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur Kehadirat tuhan yang maha kuasa, saya ucapkan “selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian mandiri kewilayahan patuh toba-2022.

Demikian amanat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT, Tuhan Semesta Alam meridhoi segala niat baik yang kita lakukan demi masyarakat, bangsa dan negara tercinta. Sekian dan terima kasih.

Apel di tutup dengan Laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel bahwa Apel Gelar Pasukan telah selesai dilaksanakan.

Bahwa Ops Patuh Toba 2022 akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai Senin tanggal 13 Juni s/d 26 Juni 2022.

Sekira Pukul 08.50 WIB secara keseluruhan Apel gelar pasukan selesai dilaksanakan, siatuasi aman dan kondusif.

 

Laporan : Miko
Sumber : Humas Polres

Loading