Jumat, April 19, 2024
Jawa TengahPemerintahanTNI/POLRI

Brigjen TNI Rudi Saladin M.A Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila TA 2022

Bogor | Lensaexpose.com

Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudi Saladin, M.A mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila TA 2022 di Ruang Rapat Serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor Komplek Perkantoran Pemda Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Rabu (1/06/2022).

Upacara itu dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo. Dimana Upacara Hari Lahir Pancasila pada Tanggal 1 Juni tahun ini digelar secara Virtual langsung dari lapangan Pancasila Ende Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Upacara dimulai sekitar Pukul 08.00 Wita, berperan selaku Komandan Upacara yaitu Kolonel Inf Tunjung Setiabudi, dan berperan sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Harfendi. Sedangkan yang mengikuti kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila dari Kabupaten Bogor yaitu PLT Bupati Kabupaten Bogor Bapak H.Iwan Setiawan SE,

Kemudian Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara S.Hub.lnt, lalu Danlanud ATS Bogor yang diwakili oleh Kadispers Lanud ATS, Kapolres Kabupaten Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Kajari Kabupaten Bogor, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Bogor yang diwakili, Wakil Ketua PA kabupaten Bogor, serta para SKPD kabupaten Bogor.

Dalam Amanatnya, Presiden RI menyampaikan bahwa Bung Karno adalah Bapak pendiri Bangsa yang merenungkan Pancasila yang diwariskan kepada seluruh Rakyat Indonesia, di mana Pancasila memiliki nilai luhur bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Dan dari kota Ende Presiden mengajak kepada seluruh generasi penerus Bangsa untuk terus membumikan Pancasila sebagai langkah memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Saya mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk membumikan Berbangsa dan Bernegara, di mana Pancasila telah mempersatukan kita semua. Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila inilah tugas kita bersama. Pancasila adalah satu-satunya Ideologi Bangsa Indonesia.” Tegas Jokowi.

“Semoga lahirnya Pancasila ini dapat dijadikan sebagai pegangan dan dijadikan sebagai pedoman oleh Nusa dan Bangsa kita dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan Kemerdekaan Negara. Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua tapi Pancasila juga telah menjadi Bintang Penuntun ketika Bangsa Indonesia mengalami ujian dan tantangan. Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila dan saya mengajak seluruh Pemimpin Bangsa untuk menjadi tauladan bagi Rakyatnya.” Ucap Jokowi mengakhiri sambutannya.

Brigjen TNI Rudi Saladin MA menyampaikan kepada Awak Media bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan secara Virtual langsung dari Ende mempunyai makna dan Momentum sebagai Ideologi yang menjadi pemersatu Bangsa di mana di dalamnya terdapat nilai-nilai Keberagaman dan Persatuan antar Komponen Anak Bangsa sebagai pondasi Berbangsa dan Bernegara.

Kemudian lanjutnya ia menjelaskan bahwa kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila merupakan Agenda yang dilaksanakan setiap Tahun sekali yang dipimpin langsung oleh Presiden RI lr H. Joko Widodo dan diikuti oleh seluruh Bangsa Indonesia.

“Pancasila dapat digunakan sebagai Ideologi Negara, sebagai Dasar Negara, sebagai jiwa Bangsa Indonesia, sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia, sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, sebagai Sumber segala Hukum yang berlaku maupun sumber Tata Tertib Hukum di Republik Indonesia, sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia, sebagai Cita-cita serta tujuan Bangsa Indonesia dan sebagai Falsafah Hidup yang mempersatukan Bangsa. Oleh karena itu sebagai Anak Bangsa kita wajib Membumikan Pancasila seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden kita.” Pungkasnya. (Jerry)

 

Sumber: Penrem 061/Sk

Loading