Jumat, Maret 29, 2024
DaerahPemerintahan

Jalan Poros Desa Penghubung Antar Dua Kecamatan Dibangun Secara Swadaya, Pemdes Sukakerta Malah Cuek

Cianjur,Lensaexpose.com –  Pembangunan jalan poros desa yang hanya bisa di lalui roda dua, dengan jarak hampir 300 meter yang ber lokasi di Kampung Jumre, Desa Sukakerta, Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur, kini di bangun lagi oleh swadaya masyarakat sekitar.

Menurut salah satu warga yang berinisial (Wi) jalan tersebut penghubung terdekat antara bebera kampung desa sekaligus penghubung dua kecamatan, jadi antusias warga untuk membangun jalan yang rusak sangat kompak, oleh karna nya, masyarakat rela korban harta, tenaga turun ke jalan untuk kerja bakti membangun jalan tersebut.

Hal tersebut dapat di buktikan oleh kekompakan masyarakat Jumre/Jatiwangi yang tergabung bersama (IKPJ) ikatan pemuda jumre/ jatiwangi, dan pemuda ojek Nusa yang menggunakan dana seadanya.

Untuk sumber dananya sendiri sumbangsih warga setempat dan pengguna jalan yang lewat Sampe saat ini kami berhasil kumpul kan material semen (40)sak dan untuk pasir dan batu nya sendiri kami angkut dari kali cibuni secara swadaya masyarakat secukupnya nya,” ujarnya.

Menurut (Jj) selaku tokoh pemuda (IKPJ),pembangunan jalan tersebut murni suwadaya masyarakat, tanpa ada sumbangsih dari pemerintah setempat, semenjak dulu di bangun sampe sekarang pun seperti itu.

“Padahal jalan tersebut paling sering di pake untuk umum di banding jalan besar, karna memang jalur alternatif terdekat penghubung beberapa kampung, desa maupun kecamatan di wilayah ini, untuk menuju jalan yang bisa di lalui roda empat di kecamatan sebelah,” ucapnya.

Tambah nya ,harapan kami kepada pemerintah Desa setempat peka terhadap keluh kesah warga nya jangan sampe kita bertindak sendiri sendiri sebab seharus nya pembangunan tersebut pihak desa setempat lah yang lebih berperan untuk membangun ruang lingkup tersebut. Pungkas nya. (Rahmat)

Loading