Jumat, Maret 29, 2024
Jawa TengahPemerintahanTNI/POLRI

Seluruh Kodim Jajaran Korem 061/Sk Gelar Apel Pasukan dan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022

Bogor, Lensaexpose.com

Seluruh Kodim jajaran Korem 061/Sk menggelar Apel Pasukan dan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2022 yang dilaksanakan di masing-masing Makodim, yaitu Kodim 0606/Kota Bogor kemudian Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dan juga Kodim 0608 Cianjur.Selasa (8/3).

Apel Gelar Pasukan Dan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah jajaran Korem 061/Suryakancana merupakan salah satu bentuk kesiap siagaan TNI dalam menghadapi Bencana alam yang bisa saja terjadi di wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi, mengingat diwilayah tersebut memang seringkali terjadi bencana alam seperti longsor, banjir, angin puting beliung dan lain sebagainya, penjelasan tersebut disampaikan oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA., kepada awak media.

Dan kegiatan ini menurutnya menjadi salah satu langkah mitigasi bencana serta untuk memantapkan kesiapsiagaan personel dan materiil dalam mengantisipasi bencana alam akibat meningkatnya intensitas hujan dan angin kencang di wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa wilayah jajaran Korem 061/Sk secara geografis dan topografis cukup labil dan rawan longsor termasuk angin puting beliung dan banjir, salah satunya Kabupaten Bogor, dimana berdasarkan data BPBD sejak tahun 2020 hingga 2021 ada 2560 kejadian bencana di Kabupaten Bogor. bahwa sebagian wilayah di Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah dengan tingkat kerentanan sedang, dalam kerawanan bencana atau urutan ke 287 dari 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia,” Ujar Danrem.

“Apalagi menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa pada tahun 2022 curah hujan sepanjang bulan Januari hingga Oktober secara umum akan sedikit lebih tinggi dibandingkan normalnya. Oleh karena itu saya menghimbau kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat agar selalu waspada dan juga melakukan upaya mitigasi dan antisipasi bencana hidrometeorologi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana,” Tambahnya.

“Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mengantisipasi bencana alam antara lain memberikan sosialisasi penanggulangan bencana, kemudian mengoptimalkan peran satgas penanggulangan bencana alam lalu meningkatkan koordinasi antar instansi sebagai tindakan menyatu dalam antisipasi kemungkinan bencana yang timbul, pelatihan penanggulangan bencana alam, peningkatan kemampuan masyarakat di wilayah rawan bencana melalui simulasi/gladi dan peningkatan kesiapsiagaan kelompok masyarakat,” Pungkasnya.

Kegiatan Apel pasukan dan penanggulangan bencana alam yang digelar oleh seluruh Kodim jajaran Korem 061/Suryakancana Kodam lll Siliwangi juga melibatkan unsur terkait seperti Kepolisian, Pemerintah Daerah/BPBD, Tagana, dan juga organisasi kemasyarakatan. (Hera/Js)

 

Sumber: Penrem 061/Sk

Loading