Selasa, April 16, 2024
DaerahPemerintahanPeristiwa

Sibuk Monitor Warga Terdampak Bencana, Pihak Desa Justru Tidak Sadar Benteng Kantor Desa Longsor

Ciamis,detakmedia.com – Sibuk monitor warga masyarakat terdampak cuaca extrime, ternyata benteng jalan utama menuju desa diketahui longsor (03/02).

Hal tersebut karena bentuk keterbatasan dari personil BPBD Kabupaten ciamis yang tidak bisa menjangkau dan tidak tersedianya UPT BPBD dikecamatan Pamarican.

Saat mengkonfirmasi pihak desa bangunsari, kades menyampaikan melalui staff desa bahwa khawatir ada warga yang terdampak dan kejadian dari cuaca extrime ini meluas diwarga masyarakat sehingga pihak desa melakukan pendataan terkait kerusakan dan dampak lainnya.

“Justru karena pembagian tugas didesa, sehingga pengecekan disebar antara staff dengan kadus, dan karena kesibukan dengan awal tahun sehingga dampak dari cuaca yang extrime berdampak terhadap bangunan desa pun tidak disadari.

Sampai sore hari ini diketahui adanya retakan dijalan karena tanah pada samping bangunan longsor tergerus air hujan.

Mungkin terhadap pihak pemerintah lebih diperhatikan untuk penanggulangan bencana pada musim penghujan dengan disertai angin.

Selain itu bagi warga masyarakat kiranya dapat melakukan pengecekan potensi dari hujan yang belakangan ini sangat extrime sekali karena disertai angin dan petir,” pungkasnya.

Saat mengkonfirmasi lasino warga dusun mulyasari beliau menyampaikan terhadap detakmedia.com bahwa kejadian yang akhir-akhir ini terjadi harusnya dapat diurus oleh pihak BPBD kabupaten.

Ini kan kaitan tanggung jawab dari penanganan bencana daerah!! “terjadi bencana tetep masyarakat cilik ya gawe dewek diurus dewek,anu sing petugas ra ngerti podo nang ngendi anu sing mangan gaji buta” semoga pihak pemerintah bisa adil sama masyarakat kecil,sudah harus ada tindakan bukan duduk dikursi terus tandas lasino dengan logat jawa nya. (Suryatno)

Loading