Jumat, Maret 29, 2024
DaerahPemerintahan

Plt Wali Kota Pimpin Rakor Rancangan Awal Penyusunan LPPD Kota Tanjungbalai TA 2021

Tanjungbalai, Lensa Expose.com

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib membuka sekaligus memimpin Rapat Kordinasi (Rakor) Rancangan Awal Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tanjungbalai Tahun Anggaran 2021, yang dilaksanakan di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu (2/2/2022).

Rakor yang dilaksanakan oleh bagian Pemerintahan dan OTDA Setdakot Tanjungbalai dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung, Asisten Ekbangsos Zainul Arifin, Kepala Bagian Pemerintahan dan OTDA Pahala Zulfikar Panjaitan, Para Pimpinan OPD serta diikuti oleh para petugas penyusun LPPD dari unsur OPD

Dalam sambutannya Plt Wali Kota, Waris mengatakan salah satu misi pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD Tanjungbalai tahun 2021 – 2026 adalah “Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan masyarakat Kota Tanjungbalai yang maju, mandiri dan madani melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif yang didukung SDM berkualitas, berdaya saing serta berbudaya dan religius,” sebutnya.

Menurutnya, salah satu bentuk dari pertanggungjawaban Kepala Daerah terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan selama 1 tahun anggaran diwujudkan dalam penyusunan laporan yang ditujukan kepada 3 stakeholder. “Tiga ini di antaranya LPPD, LKPJ dan RLPPD,” ucapnya.

Waris memaparkan, Penyusunan LPPD juga merupakan amanat konstitusional sebagaimana tercantum pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Kami berharap agar laporan ini disusun sebaik-baiknya, transparan, valid, akuntabel serta faktual (menggambarkan kondisi yang sebenarnya). Sehingga apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat kita evaluasi untuk mendapatkan perbaikan di tahun anggaran berikutnya,” lanjut Plt Wali Kota Waris Thalib.

Kepada para Petugas Penyusun data LPPD, Waris berharap ada komitmen yang baik dari seluruh petugas penyusun utamanya terkait kualitas laporan yang dikirimkan dan ketepatan pengiriman laporan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Tak hanya untuk petugas, bagi perangkat daerah yang belum mengirimkan laporan LPPD segera agar mencukupi, mengingat kompleksitas format laporan baru yang membutuhkan waktu lebih panjang, selain itu untuk mewujudkan laporan yang valid dan akuntabel perlu dibangun sinergitas dan komitmen yang baik antara Petugas Penyusun, Sekretariat Tim Penyusun, dan Kordinasi dengan OPD yang bersangkutan,” paparnya lagi

Terakhir Plt Wali Kota Waris Thalib menyampaikan kepada seluruh peserta agar melakukan Sikronisasi perencanaan menyeluruh, Operator di setiap OPD harus benar benar stanby, Maksimalkan SDM yang ada di OPD, jangan kondisi tenaga kerjanya banyak namun penyesuaian kerjanya tidak proporsional karena Laporan LPPD ini adalah cerminan dari Pemkot Tanjungbalai, untuk itu harus benar-benar diperhatikan dan ditindaklanjuti. “Ayo kita bekerja dengan rasa bahagia,” Pungkasnya. (A Fazari)

Loading