Kamis, April 25, 2024
DaerahPemerintahan

Setelah Dilantik sebagai PNS, Kalapas Tuntu Integritas & Inovasi 2 Tunas Pengayoman Lapas Tanjungpandan

Belitung,lensaexpose.com

Bertempat di Lapangan Apel Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel Senin (24/1/2022), Kalapas Kelas IIB tanjungpandan melaksanakan kegiatan tradisi Penerimaan Keluarga Baru di jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Kegiatan Tradisi tersebut untuk menyambut 2 orang Tunas Pengayoman yang sebelumnya melaksanakan tugas sebagai CPNS di Lapas Kelas IIB Tanjjungpandan. Kegiatan dilaksanakan di sela- sela pelaksanaan Apel Pagi Jajaran, dan diikuti oleh seluruh jajaran baik Staf maupun Regu Pengamanan. Tradisi Penerimaan ditandai dengan Penyiraman Air Bunga didepan Pintu Masuk Lapas Tanjungpandan.

Dalam sambutannya Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menyampaikan pesan kepada para PNS yang baru dilantik untuk menghayati sumpahnya dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara

“Kepada para Pegawai Negeri Sipil, Sumpah Janji telah saudara ucapkan dan pada hakikatnya merupakan kesanggupan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintah. Laksanakan janji yang telah diucapkan dengan penuh tanggung jawab, jaga etika, integritas dan hargai senioritas dalam pelaksanaan tugas. Senioritas ini dalam artian Etika untuk sesuatu yang baik bukan mengikuti jejak negatif yang merusak citra institusi,” ujar Kalapas.

Seraya menambahkan, tugas panjang yang akan kalian emban lebih berat, sehingga siapkan mental dan semangat yang prima jangan mudah tergoyahkan hal – hal yang dapat merusak citra institusi dan merusak masa depan kalian, pikirkan dan renungkanlah perjuangan kalian sehingga dapat berdiri tegap seperti ini.

“Dalam kesempatan ini, saya kembali ingatkan kepada kalian bahwa diluar sana banyak sekali masyarakat yang bercita-cita berada diposisi seperti kalian saat ini. Namun tidak semua memperoleh kesempatan tersebut. Oleh karena itu wujudkanlah rasa syukur atas amanah yang diemban ini dalam bentuk semangat dan kinerja,” ujarnya.

Sementara itu Rizal salah satu PNS yang baru dilantik menyampaikan kebanggaannya bergabung menjadi keluarga besar Kementerian Hukum & RI melalui Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Menurutnya, perjuangan hingga sampai ke titik ini tidak semudah yang dibayangkan. Rizal mencerikan bahwa sebelumnya Ia berprofesi sebagai Penjaga Apotik di Pangkalpinang, dan harus bersaing menghadapi ribuan pelamar Formasi Penjaga Tahanan di Kanwil Kemenkumham Babel.

“Sempat ragu, karena banyak yang mengatakan harus bayar uang ratusan juta rupiah agar bisa lulus, tetapi semua tidak terbukti, Alhamduluillah dari Tahapan Seleksi hingga Pengumuman, Pemberkasan dan Penempatan tidak ada Pungli dan kami bisa lulus murni tanpa suap.

Ini merupakan Anugrah bagi saya dan keluarga besar saya di Pulau Bangka. Saya akan melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya, pembelajaran baik teori maupun praktek selama CPNS akan saya aktualisasikan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya,” ujar Rizal (Lendra)

Loading