Jumat, April 19, 2024
DaerahPemerintahan

Gubernur Jabar Resmikan Alun Alun Garut , Momen Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata di Kabupaten Garut

GARUT | Lensaexpose.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Lapangan Oto Iskandar Di Nata atau dikenal sebagai Alun-Alun Garut, Minggu(23/1/2022) setelah hampir 150 hari kerja dilakukan revitalisasi disambut meriah warga masyarakat Garut.

Para pejabat dan ratusan masyarakat tumpah ruah menyaksikan prosesi peresmian yang  ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Jabar dan Bupati Garut, disaksikan Wakil Bupati Garut, dan ditutup dengan pelepasan balon gas sebagai tanda dibukanya Lapangan Oto Iskandar Dinata untuk masyarakat Kabupaten Garut.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil ini, datang ke Garut beserta istrinya Atalia Praratya, dan didampingi Bupati Garut, Rudy Gunawan, beserta istri, Diah Kurniasari.  Kedatangan dua pimpinan daerah ini sambut dengan kesenian dodombaan, rampak gendang serta pertunjukan bela diri pencak silat.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sambutannya dihadapan Gubernur Jabar serta masyarakat yang hadir, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang telah melakukan revitalisasi terhadap Alun-Alun Garut.

Ia mengatakan bahwa ini adalah salah satu monumen yang akan dikenang oleh masyarakat Garut. Apalagi Lapangan Oto Iskandar Di Nata yang juga sebagai salah satu tempat atau ruang terbuka publik ini berhadapan langsung dengan Pendopo dan Masjid Agung Garut.

“Ini desainnya langsung dari Provinsi Jawa Barat, anggarannya pun dari Provinsi Jawa Barat, ini adalah bentuk kanyaah (Sayang) Bapak Gubernur untuk masyarakat Kabupaten Garut,” ungkap Bupati Garut.

Lanjut Rudy, Ia menuturkan, banyak sekali “kanyaah”(rasa sayang) yang diberikan oleh Pemprov Jabar kepada Pemkab Garut, salah satunya yaitu dengan adanya bantuan keuangan provinsi sebesar 450 miliar rupiah untuk Kabupaten Garut.

“Di antaranya adalah kalau ibu-ibu yang suka macet di Kadungora, kalau dibelokin sama Pak Wakapolres jalannya “butut”(jelek) betul ?, tahun depan Bapak Gubernur memberikan ke Pemda Garut untuk perbaiki jalan, diberikanlah oleh Pak Gubernur 26 miliar rupiah untuk perbaikan Lingkar Luar Kadungora,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengungkapkan, Alun-Alun Garut merupakan salah satu tempat yang bersejarah dan tempat ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, serta diisi dengan kegiatan-kegiatan yang kreatif, manfaat, dan maslahat.

Namun demikian, Ia berharap tahun 2022 ini bisa menjadi momentum untuk memaksimalkan penangan Covid-19 dan juga menjadi momen kebangkitan ekonomi serta pariwisata dari Kabupaten Garut.

“Vaksinasi di Garut, saya terima laporan sudah 84 persen, sehingga Omicron insya Allah bisa kita tangani dengan baik, selama kita menjalankan prokes, sehingga fokus nanti dari Garut kebangkitan ekonomi, pariwisata,

Dan hal yang sifatnya menyemangati perjalanan ke Garut, termasuk rencana perbaikan jalan di berbagai lokasi dari anggaran bantuan Provinsi Jawa Barat,” tutur Gubernur Jabar saat melakukan jumpa pers seusai meresmikan Alun-Alun Garut.
**( Suwito )

Loading