Jumat, Maret 29, 2024
DaerahPemerintahanSosial & Budaya

Peringati Haul Gus Dur ke 12, FORSILA BELTIM Gelar ‘SERAPAN’ dan Lomba Membuat Poster Serta Kreasi Video

Belitung, lensaexpose.com – Memperingati Hari Kewafatan (Haul) Gusdur ke 12, Forum Silaturrahmi Belitung Timur (FORSILA BELTIM) pada Haul Gus Dur tahun ini menggelar Seminar Rasa Pengajian (SERAPAN) yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 Januari 2022 di Gedung Balai Kegiatan Masyarakat (BKM) Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar.

Ketua FORSILA BELTIM, Samsul Aripin, Ph.D kepada Koran Peduli Rakyat, Ahad (9/1/2022), mengatakan, di era milenial saat ini sangat memerlukan figur yang tepat sebagai acuan dan panutan di dalam menjalani hidup dan kehidupan, terutama di Negara kita yang tercinta ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan cepatnya perkembangan zaman, terutama di dalam ilmu pengetahuan, sains dan teknologi saat ini, maka dengan sangat mudah masyarakat mendapatkan informasi dan mempelajari segala sesuatunya. Segala sesuatu itu perlu dipelajari dan dicermati, tidak terkecuali juga di dalam menerima informasi langsung dari seseorang, kelompok, apa lagi melalui medsos (media sosial),

“Oleh karena itu, kita perlu mengoreksi diri sendiri disertai dengan pembanding dan pembimbing yakni figur yang bisa menjadikan kita lebih baik. Kami FORSILA BELTIM sejak tahun 2016 senantiasa menyodorkan Figur KH. Abdurrahman (Gus Dur) yang paling ideal untuk dikaji dan diikuti bagi generasi kita saat ini, bahkan mendatang. Karena tidak disangkal lagi secara fakta dan data, sosok Almarhum Gus Dur menjadi figur sentral yang selalu diingati, bahkan diperingati hari kewafatannya setiap tahun (Haul) oleh semua kalangan dan lapisan di seluruh Nusantara, bahkan dunia,” ungkapnya.

Memperingati Haul Gus Dur yang ke 12 ini, lanjut Dia, FORSILA BELTIM menggelar acara SERAPAN yang disertai Perlombaan membuat Poster dan Kreasi Video (Via Online) tentang Almarhum Gus Dur yang bermaksud untuk mengajak seluruh masyarakat Pulau Belitung khususnya masyarakat Beltim untuk bersama mengaji dan mengkaji siapa atau apa, bagaimana dan kenapa Beliau sesungguhnya.

“Kami juga mengajak siapapun dan lembaga apapun yang tergerak untuk berpartisipasi sebagai Donatur di acara yang diadakan FORSILA BELTIM ini sebagai amal jariyah kita yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan SERAPAN dan Perlombaan, Lely mengatakan, pada dasarnya kegiatan ini melibatkan lintas agama, kegiatan ‘SERAPAN’ ini akan dimulai pada pukul 07.30 Wib dengan 2 orang narasumber yaitu oleh Ketua PWNU BangkaBelitung KH Jakfar Siddiq (akan langsung hadir diacara) dan Putri sulung Gus Dur, Ning Alissa Wahid (Via Online).

“Acara ‘SERAPAN’ ini untuk semua kalangan dan lintas agama se-pulau Belitung, dipersilahkan datang dengan mematuhi Protokol Kesehatan. Sedangkan untuk perlombaan, sebagai juri lomba (Via Online) adalah Shunniya Ruhama S.Sos dari Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Lely.(Lendra gunawan)

Loading