Kamis, April 18, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Peringati Hari Jadi KE-79, Kades Wardi: 3 Januari 1943 Jadi Hari Lahir Desa Rawa Kalong

Bogor, Lensaexspos.com

Rombongan karnaval dengan berbagai atraksi unik dari empat dusun turut memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-79 Desa Rawa Kalong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor yang dilangsungkan di lapangan sepak bola Siliwangi, Dusun Ciater, Senin (03/1/2022) siang.

Selain unsur Muspika Kecamatan, acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Partai Gerindra, Sanukri dan sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Gunung Sindur.

Didepan para tamu undangan, sebelum berputar keliling lapangan, rombongan karnaval perwakilan setiap dusun memperlihatkan kebolehannya lewat berbagai kegiatan atraksi unik, mulai dari pencak silat, barongsai, palang pintu dan kegiatan lainnya yang menarik perhatian.

Rangkaian kegiatan hari jadi yang baru pertama kali dilakukan tersebut selanjutnya diisi dengan peringatan upacara yang dipimpin langsung Kepala Desa Rawa Kalong sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Kades Rawa kalong, Wardi mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerjasama semua pihak, baik unsur pemerintah desa maupun para tokoh masyarakat dan ulama sehingga kegiatan Hari Jadi Ke-79 Desa Rawa Kalong dapat berjalan lancar.

Pada kesempatan tersebut, Kades Wardi juga mengungkapkan, atas dasar bukti-bukti sejarah tentang keberadan Desa Rawa Kalong yang dipelajari, Pemerintah Desa dan BPD sepakat memutuskan bahwa tanggal 3 januari 1943 menjadi hari lahir Desa Rawa Kalong yang dikuatkan dengan peraturan desa (Perdes) Nomor 26 tahun 2021.

Untuk mengetahui nama-nama pemimpin desa Rawa Kalong sejak 1943, dirinya juga menunjuk poto mereka yang terpampang besar sembari menyebutkan namanya satu persatu.

“Semoga saya yang sudah dipercaya kembali sebagai Kades saat ini, bisa membawa Desa Rawa Kalong menjadi lebih baik lagi dan maju ke depannya. Kita jaga selalu kebersamaan dan kekompakan dalam membangun desa,” ujarnya.

Menurutnya, peringatan hari jadi bisa menjadi landasan untuk berkarya mendisain pembangunan Desa Rawa Kalong lebih baik lagi dengan tidak melupakan nilai-nilai sejarah perjuangan para pendahulu guna mewujudkan Desa Idaman yang artinya indah damai aman dan nyaman.

Acara di lanjutkan dengan potong tumpeng dan makan bersama serta santunan anak yatim/piatu se-Desa Rawa Kalong yang dilakukan secara simbolis dan pemberian piala Pordes (Pekan olahraga desa) pertandingan bulu tangkis serta dorprize.

Sementara ditempat terpisah, Jawanih selaku ketua panitia sekaligus sekdes Rawakalong mengatakan bahwa acara sebagaimana harapan seluruh panitia, berjalan dengan lancar dan sukses. Mudah-mudahan ditahun-tahun mendatang akan dilaksanakan dengan harapan acara lebih baik lagi,” jelasnya. (Zul/Ry)

 

Sumber: monitortangerang.com

Loading