Rabu, Juli 24, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Pemdes Karihkil Gelar Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas RT/RW

CISEENG, Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Karihkil, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, menggelar pelatihan dan peningkatan kapasitas ketua lingkungan rukun tetangga dan rukun warga (Rt/Rw) di aula Pendopo Inagro, Kamis (30/12/2021).

Pelatihan dan peningkatan kapasitas ini diikuti oleh 29 orang peserta yang terdiri dari 23 Ketua RT, 4 Ketua RW dan 2 Kadus. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades beserta staf, pihak kecamatan, Bhabinkamtibmas dan juga tamu undangan lainnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni, DPMD, pihak Kecamatan, Pendamping dan Puskesmas Cibeuteung Udik yang menyampaikan masalah kesehatan terutama dalam penangananan untuk meminimalisir kasus penyebaran/ penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang belakangan ini mulai menyerang warga disaat musim penghujan tiba.

Mewakili Kepala Desa (Ahmad Dasuki), Pipih selaku sekretaris desa (Sekdes) Karihkil menyampaikan, diadakannya pelatihan tersebut bertujuan unutuk meningkatkan kapasitan dan kinerja serta tupoksi para Rt/Rw dilingkungannya masing-sing.

“Jadi nanti mereka (Rt/Rw-red) akan lebih paham akan tupoksi dan pungsinya mereka sebagai Rt/Rw dilingkungannya, dan bisa mengatasi suatu permasalahan yang ada diwilayahnya,” ujar Pipih kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Sementara itu, Hambali Kasubang umum dan kepegawaian (Umpeg) Ciseeng mengapresiasi kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas rt/rw yang dilakukan oleh pemerintah desa karihkil untuk mengetahui sejauh mana kemampuan rt/rw dalam melakukan tugas dan fungsinya diwilayahnya masing-masing.

“Yaa saya rasa porogram ini memang cukup bagus ya, jadi harus pararel bukan hanya cukup sekali. Karena nati akan ada bahan evalusai kepada para Rt/Rw terkait kinerja dan kemampuannya,” ungkapnya.

Selain itu para Rt/Rw, kata Hambali, harus mampu mengikuti perkembangan dijaman era digital/ tekhnologi yang saat ini sekamin canggih guna memudahkan mereka untuk menyerap informasi.

“Sekarang kan jaman sudah canggih, jadi kita harus bisa menguasi tekhnologi (HP). Karena disitu nanti kita akan serap informasi, seperti undangan, pemberitahuan maupun informasi-informasi lainnya. Dan saya harap kedepan, Rt/Rw itu tidak ketinggalan tekhnologi,” pungkasnya. (Rd)

Loading