Jumat, Maret 29, 2024
DaerahKesehatanPemerintahan

Masyarakat Desakolot Kecamatan Cilawu Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

GARUT | Lensaexpose.com – Guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) pada warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Desakolot Kecamatan Cilawu bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cilawu, melaksanakan Vaksinasi Corona Virus Disease (COVID-19) tahap II

Pantauan media lensaexpose.com dilokasi warga yang mengikuti Vaksinasi Covid-19 tersebut tampak antrean mereka menunggu giliran dipanggil untuk di Vaksin dan kegiatan Vaksinasi dilaksanakan bertempat di Ruang Kelas SDN ll Margalaksana, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Selasa (28/12/2021).

Menurut Bhabinkamtibmas desa Desakolot Polsek Cilawu, Bripka A.Saeful saat ditemui disela-sela kegiatan Vaksinasi mengatakan,
Pelaksanaan Vaksinasi, dirinya merasa bersyukur karena masyarakat mempunyai antusiasme dan kesadaran yang cukup tinggi untuk membentuk kekebalan tubuh dari pengaruh virus COVID-19. Terbukti jumlah warga yang hadir di tempat Vaksin.

“Alhamdulillah antusias dan kesadaran masyarakat cukup tinggi mengunjungi untuk di vaksin,” katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi kepada petugas vaksinator dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Vaksin.

“Usaha bersama vaksinasi ini bagian dari ikhtiar kita melawan dan seluruh satgas desa/kecamatan dalam memutuskan mata rantai Covid-19 di Kabupaten Garut,” ungkap A.Saeful.

A.Saeful berharap, masyarakat meski telah di vaksin harus tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan menjaga jarak.

“Harapan saya kedepan masyarakat setelah di vaksin lebih sehat dan terhindar dari Virus Covid-19,” paparnya.

Sementara itu, Petugas Vaksinasi Puskesmas Cilawu, Winianti menuturkan, kegiatan Vaksinasi yang dilaksanakan disambut baik oleh warga masyarakat Desakolot dan antusias tinggi untuk mengikuti Vaksinasi.

“Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan Vaksinasi kedua dan pertama bagi warga yang belum di Vaksin, Saya juga terharu dan bangga, karena warga sangat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19, sampai saat ini sudah berjalan beberapa jam sudah mencapai 74 orang yang di Vaksin, semoga masyarakat sehat selalu,” tuturnya.

Tidak hanya fokus pada kegiatan Vaksinasi saja, namun petugas kesehatan juga memberikan edukasi kepada warga yang hadir akan pentingnya Vaksinasi.

Edukasi tidak hanya satu arah bahkan dilakukan dua arah, dimana warga yang hadir juga ikut bertanya kegunaan vaksinasi dan efek yang ditimbulkan, serta langsung dijawab oleh petugas.

“Semakin banyak warga desa divaksin, akan semakin kuat pertahanan kelompok, sehingga penularan COVID-19 semakin kecil,” terangnya.

Pihaknya menyebutkan, Vaksinasi yang dilaksanakan untuk golongan semua usia, itu juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan stock Vaksin masih mencukupi. Adapun jenis Vaksin yang dipakai yaitu Pfizer dan Sinovac.

“Jangan takut di Vaksin, menunjukkan bahwa vaksin ini aman dan efektif, semoga masyarakat sesudah di Vaksin pandemi Covid-19 ini berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali normal,” pungkas Winianti.**( Suwito )

Loading