Sabtu, April 20, 2024
DaerahPemerintahanTNI/POLRI

Bupati Bogor Ade Yasin Resmikan 33 Jembatan Rawayan

Bogor, Lensaexpose.com – Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Jembatan Rawayan Taruma Nagara yang berada di Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Rabu (22/12/2021).

Diacara presmian itu juga Bupati Bogor Ade Yasin sekaligus menandatangani 33 Prasati jembatan rawayan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Jembatan rawayan taruma nagara tersebut memikiki panjang 126 meter yang menghubungkan antar 2 (dua) kecamatan, yakni Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Cibungbulang.

Bupati Bogor Ade yasin mengatakan, di tahun 2021 pihaknya sudah membangun 33 jembatan rawayan yang kerjasama dengan Kodam III Siliwangi, prajurit Divisi 1 Kostrad dan juga melibatkan masyarakat sekitar.

“Hari ini kita meresmikan jembatan rawayan yang terpanjang di Kabupaten Bogor, dan alhamdulilla sudah bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Dan hasil kerja kolaboratif ini tentunya membuat kita akan lebih giat lagi dalam memprogramkan penyelesaian jembatan rawayan kedepannya,” ujarnya.

“Karena masih bayak jembatan rawayan di Kabupaten Bogor yang harus kita bagun. Dan ini bertahap setiap taun, taun ini kita bangun 33 jembatan rawayan dan taun depan kita akan anggarkan lagi,” tambahnya.

Menurutnya, pembagunan jembatan rawayan antar desa dan kecataman tersebut untuk memperlancar akses aktivitas warga untuk mengangkut hasil pertanian dan juga bisa mengembangkan desa wisata sehingga mampu mengangkat perekoniman warga sekitar.

“Karena di sebrang jembatan itu ada situs yang bisa jadi obyek wisata. Saya kira ini satu jembatan yang bisa mengangkat potensi yang ada di desa,” tuturnya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menjelaskan, pembangunan 33 jembatan yang diresmikan tersebut tersebar di 23 kecamatan, 27 desa dan 2 kelurahan.

“Jadi akhir taun (2021) ini ada 34 jembatan yang dibangun, termasuk 1 jembatan rawayan hasil corporate social responsbility (CSR) dari PT Eiger. Dan taun depan (2022) kita akan membangun 30 jembatan dari 215 jembatan. Dan jembatan rawayan di Kecamatan Rancabungur ini merupakan jembatan terpanjang di Kabupaten Bogor yang memiliki panjang 125 meter, yang kedua jembatan di Kecamatan Rumpin sepanjang 100 meter,” kata Ajat kepada awaka media usai acara peresmian.

Ajat juga menyampaikan, jembatan rawayan tersebut jangan hanya menghubungkan satu titik ke titik lain. Tapi dirinya berharapa jembatan pelangi ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata, karena pengelolaan dan programnya akan diserahkan ke desa.

“Kalo kita lihat kan jembatan ini warna-warni, tadi juga anak-anak pada berfoto-foto (selfie) segala macem, dan mudah-mudahan ini menjadi destinasi wisata. Tapi keamanannya juga harus dijaga, karena disana (depan jembatan) sudah ada informasi penggunaan,” ujarnya.

Sementara Danrem 061/ Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi menambahkan, hari ini peresmian 33 jembatan rawayan secara serentak, dan ini kerjasama antara Korem 061/ Suryakancana, Kodim 0621 Kab. Bogor termasuk Divisi 1 Kostrad.

“Alhamdulillah pembangunan 33 jembatan rawayan dari 215 jembatan ini tepat waktu dan tepat sasaran dengan waktu 3 bulan, dan ini merupakan sinergitas yang luar biasa yang di pimpin oleh Ibu Ade Yasin Bupati Bogor, dimana memilih TNI sebagai rekan partner untuk menyelesaikan 33 jembatan,” tukasnya. (Rdy)

Loading