Jumat, Maret 29, 2024
DaerahKesehatanPemerintahanTNI/POLRI

Pemdes Wangunharja Adakan Percepatan Vaksinasi Untuk Capai Target 70%

Kab. Cirebon | Lensaexpose.com

Target pencapaian vaksinasi warga hingga mendapat 70% bukan target yang sulit, tapi yang dirasakan kesulitan dari pihak Pemerintah Desa Wangunharja adalah persentase capaian target yang sudah dilakukan pasalnya pelaksanaan vaksinasi tidak hanya dilakukan di desa saja tapi juga ada yang langsung datang ke Puskesmas, kantor, sekolah, Koramil bahkan saat vaksinasi massal di mall ataupun di markas Kodim maupun Arhanudse.

Kesulitan persentase itu karena data bercecer dan semestinya yang mengetahui itu dari Dinas Kesehatan Kabupaten ataupun kementerian Kesehatan bisa memberikan update informasi warga yang sudah ikut vaksinasi kepada Pemdes supaya mereka bisa mengetahui persentase warganya yang sudah tervaksin.

Tapi hal tersebut tidak menjadi kendala bagi Pemdes Wangunharja untuk melakukan vaksinasi massal bagi warga di ruang pertemuan kantor Desa (Selasa, 14-12-2021).

Saat senggang H. Sunanto Kuwu Desa Wangunharja menjelaskan kegiatan vaksinasi ini sudah yang kesekian kalinya dan untuk giat saat ini bekerja sama dengan Kapolresta Cirebon, Kapolsek dan Koramil Klangenan dipimpin langsung Kapten Arh. Jumadi Danramil.

“Pelaksanaan vaksinasi juga berbarengan waktunya dengan pembagian Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) untuk 80 KPM, sehingga bagi warga yang mau menerima BLT dan belum divaksinasi harus divaksin yang dibantu aparat Polsek dan Koramil Klangenan dengan aparat desa untuk mengajak warga yang belum divaksin untuk ikut divaksin,” ujarnya.

Disamping itu juga Pemdes menyiapkan paket sembako bagi warga yang sudah divaksin, sehingga warga yang tidak mendapat BLT pulang dengan membawa paket sembako berisi mie instan, gula dan minyak goreng.

AKBP Teguh Dewantoro, Wakapolresta Cirebon menjelaskan kegiatan vaksinasi ini merupakan percepatan untuk pencapaian target 70% seperti yang dicanangkan Presiden dan Pimpinan Polri sehingga Polresta melakukan berbagai cara untuk percepatan vaksinasi ini, melalui gerebeg desa secara door to door dan penjemputan ke rumah.

Saat ini kegiatan vaksinasi bekerja sama dengan Indonesia Pasti Bisa melakukan kegiatan di 34 titik di 34 kecamatan, dan setiap gerai ditargetkan harus melakukan vaksinasi sebanyak 300 orang untuk dosis pertama dengan vaksin Sinovac, dan juga dosis kedua juga Sinovac. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 7 hari lalu dan diharapkan pencapaian target bisa tercapai untuk semua usia kecuali dibawah umur 11 tahun dan untuk lansia sudah tercapai.

“Pesan untuk Media supaya menyampaikan pada masyarakat yang belum divaksin untuk segera divaksin dan di kantor desa atau dijemput petugas Polri, intinya untuk keselamatan, kenyamanan dan kesehatan kita semua,” ucapnya.

AKBP Teguh Dewantoro tak lupa mengucapkan terima kasih pada pemerintah desa dengan Kuwunya H. Sunanto yang membantu kami dibarengi saat pembagian BLT buat warga desa.

Wakapolresta berharap kegiatan ini bisa mencapai target 70% untuk membentuk herd immunity atau kekebalan komunal dan kita bisa bebas dari pandemi covid serta bisa beraktivitas seperti kondisi normal lagi.

H. Sunanto Kuwu desa Wangunharja menambahkan kegiatan seperti ini akan dilakukan di hari Kamis lusa, berbarengan dengan pembagian BPNT.

“Kami Pemerintah Desa melakukan kegiatan sesuai program pemerintah dan berharap bila warga sudah tervaksin semua maka desa kami akan aman dan tidak ada yang terpapar covid lagi dan menjadi sehat semua,” pungkas H. Sunanto mengakhiri perbincangan. (Piryanto)

Loading