Kamis, April 25, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Pemdes Ciangsana Realisasikan Program Samisade Tahap Kedua

Bogor, Lensaexpose.com

Demi percepatan pembangunan Desa di Kabupaten Bogor, Pemkab Bogor mengucur  dana satu milyar satu desa (Samisade).

Anggaran yang diserap oleh pemerintahan desa dari program samisade tersebut dikucurkan dalam dua tahap, tahap pertama 40 persen dan tahap kedua 60 persen untuk penerima program tersebut.

Sedangkan penggunaannya untuk infrastruktur jalan dan sarana pendukung untuk memajukan perekonomian warga desa Kabupaten Bogor.

Seperti halnya di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri yang telah selesai merealisasikan program Samisade tahap pertama, dan saat ini program tahap kedua sedang berjalan untuk pembuangan infrastruktur jalan, dengan panjang keseluruhan 1.138 meter, dengan lebar 4 meter dan ketebalan 16 cm.

Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra SH menjelaskan, program Samisade tahap pertama pihaknya telah selesai dikerjakan betonisasi infrastruktur jalan dengan panjang 470 meter. Dan pembangunan saat ini yang tengah dikerjakan untuk tahap kedua dengan panjang 668 meter, lebar 4 meter dan ketebalan 16 centi meter.

“Jadi total keseluruhannya tahap pertama dan tahap kedua infrastruktur jalan yang dikerjakan di desa Ciangsana dari anggaran pemerintah kabupaten Bogor melalui program Samisade sepanjang 1.138 meter,” ujar Udin.

Kades juga mengatakan, pihaknya sengaja membuat infrastruktur jalan ini dengan kualitas terbaik sesuai dengan Spek pengajuan. Selain itu, pemdes ciangsana juga membangun beberapa titik resapan air untuk mencegah genangan air apabila musim penghujan tiba seperti sekarang ini.

“Harapan saya, mudah-mudahan dengan diperbaikinya jalan desa ini bisa menambah roda perekonomian, khususnya masyarakat desa Ciangsana,” tutup Kades Udin Saputra di akhir pembicaraannya.

Sementara Sarip Sabannudin, selaku Kaur Keuangan Desa Ciangsana menambahkan disela – sela kesibukannya, pengerjaan infrastruktur jalan ini untuk pengecorannya mulai hari ini (Senin 29/11/2021) dan dikerjakan oleh tim pelaksana kegiatan (TPK) dengan melibatkan unsur masyarakat sekitar, linmas, Ormas, Bhabinkmtibmas, TNI, Pol PP dan yang ahli didalam infrastruktur jalan.

“Dalam pengerjaan program Samisade ini, kami juga diawasi Pemerintah Kecamatan Gunung Putri. Adapun jalan yang dibangun sekarang ini meliputi 4 dusun dan akses keluar masuk Kota Bekasi.

Mudah-mudahan dengan dibangunnya jalan Pabuaran Kulon Desa Ciangsana ini bisa mempermudah akses masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari – hari,” pungkasnya. (Bagar)

Loading