Jumat, April 19, 2024
DaerahPemerintahan

Plt Wali Kota Pimpin Rakor Percepatan Penyusunan Draf Perda Kota Tanjungbalai Tentang Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Napza

Tanjungbalai, Lensaexpose.com

Bertempat di aula Kantor Bappeda Tanjungbalai digelar rapat kordinasi (Rakor) terkait percepatan penyusunan draf Peraturan Daerah (Perda) Kota Tanjungbalai Tentang Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Napza).

Rakor tersebut yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib dan dihadiri Kepala BNNK Kota Tanjungbalai, AKBP Magdalena Sirait, Kaban Kesbangpol Usni Syahzuddin Sinaga, Plt Bappeda Zul Abdiman, Plt Kadis Pendidikan Azhar, Kadis PPKB Ernawati, Kadis Kominfo Walman Riadi P Girsang, Camat serta OPD terkait lainnya, Rabu (24/11/2021)

Dalam sambutannya, Plt Wali Kota menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir untuk serius mempersiapkan segala sesuatunya terkait penyusunan draf Perda tentang fasilitas pencegahan dan penyalahgunaan Napza hal ini terkait bahwa Kota Tanjungbalai masuk dalam kategori kurang tanggap terhadap pencegahan dan penyalahgunaan napza.

Menindaklanjuti hal tersebut, sebagai masukan dan saran jika memang diperlukan dilaksanakan Tes urine kepada warga sebagai syarat untuk pengurusan administrasi kependudukan (menikah/pengurusan NA dan lain-lain) dan memberikan Sanksi hukuman kepada warga yang pernah terlibat/terjerat kasus penyalahgunaan narkoba, sebutnya

“Segera lakukan evaluasi dan tindak lanjut program kelurahan bersinar (Bersih Narkoba) dan mengedepankan pembinaan mentalitas ASN dan masyarakat dalam mewujudkan Tanjungbalai Bersih tanpa Narkoba,” tegas Waris.

Terakhir, Waris menyampaikan untuk menyempurnakan draf Ranperda ini nantinya agar benar benar baik hasilnya sebelum dibahas di DPRD dan disampaikan kepada masyarakat nantinya. Lakukan cek dan ricek kembali pengawasan dan evaluasi anti narkoba dimana Ranperda ini harus diperkuat dengan pencegahan, itu yang sangat penting dalam penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Tanjungbalai AKBP Magdalena Sirait mengatakan komitmen pemberantasan Narkoba dimulai dari setiap individu. Program rehabilitas kategori ringan berbasis masyarakat contoh di Kelurahan Pematang Pasir dari BNN dan ditangani oleh agen pemulihan IBM untuk ke depan program ini akan diserahkan ke pemerintah daerah setempat.

“Melakukan Tes urine pada ASN (khusus ASN Indisipliner) dilakukan secara berkala dan bagi warga yang jika sudah terbukti positif akan di rehabilitasi dengan membentuk tim terpadu (Forkopimda) yang nantinya akan dimasukkan ke dalam Perda Pengawasan Anti Narkoba,” jelasnya

Lebih lanjut Magdalena Sirait menyampaikan akan memberikan pengarahan/penyuluhan kepada calon pengantin tes urine (bebas narkoba) dikeluarkan, menunjuk puskesmas untuk rawat jalan pasien terkait narkoba dimana didalamnya didukung dokter terlatih dalam penanganan narkoba serta mengkolaborasikan anggaran untuk pencegahan dan penanggulangan narkoba dengan kegiatan yang sinergi misalnya pada setiap kegiatan sosialisasi memasukkan materi anti narkoba, paparnya. (A Fazari)

 

Sumber: Kominfo Tanjungbalai

Loading