Rabu, April 24, 2024
DaerahKesehatanPemerintahan

Percepat Herd Immunity, BIN Babel Gelar Vaksinasi Secara Door To Door

Tanjungpandan, Lensaexpose.com

Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bangka Belitung (Babel) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung menggelar vaksinasi covid-19 bagi masyarakat Desa Air Ketekok dan Aik Saga di Kecamatan Tanjungpandan dan Desa Bantan Kecamatan Membalong, Selasa-Rabu (23-24/11).

Kegiatan yang digelar secara door to door di Aik Ketekok, di puskesmas Aik Saga, dan di Kantor Desa Bantan Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung tersebut, mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Kepala BIN Daerah Provinsi Bangka Belitung, Imam Santoso SH. MH mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program vaksinasi oleh BIN kepada masyarakat dalam mengejar target capaian vaksin covid-19 di Provinsi Bangka Belitung.

“Kegiatan ini dalam rangka percepatan vaksinasi sesuai dengan target pemerintah untuk menciptakan herd imunity. Dihimbau kepada masyarakat untuk segera mendatangi gerai vaksin, dan jangan takut untuk divaksin,” tutur Imam Santoso SH. MH, Rabu (24/11)

“Alhamdulillah sejak kemarin dan hari ini BINDA Bangka Belitung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, mengadakan kegiatan vaksinasi menyasar kepada masyarakat di Kecamatan Tanjungpandan dan Membalong, Kabupaten Belitung. Kegiatan berjalan lancar, dengan antusias masyarakat mendatangi gerai vaksin yang dilaksanakan pada hari ini,” tambah Kabinda Babel.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Santoso mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, sekalipun Kabupaten Belitung dalam posisi level 1, namun Kabinda berpesan agar terus menerapkan pola hidup sehat, dan tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya untuk mengantisipasi gelombang ketiga pada Liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Yang terutama kita imbau juga kepada masyarakat, untuk tidak mudah percaya akan informasi hoax yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 itu berbahaya, karena melalui vaksin ini sekaligus bentuk ikhtiar kita agar terhindar dari virus Covid 19. Untuk itu kita mengajak seluruh komponen masyarakat jangan ragu, karena solusi untuk menangani dan meminimalisir pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan vaksin,” imbaunya.

Lebih lanjut Kabinda Babel berharap, dengan kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengejar capaian 100% vaksin bagi masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi atas antusias masyarakat dan berharap khususnya di Provinsi Bangka Belitung bisa mencapai 100 persen dari target yang telah ditentukan khususnya di Kabupaten Belitung,” tutup Kabinda Babel.

Sementara itu, Kepala desa Bantan, Kecamatan Membalong, Suhandi mengapresiasi kegiatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) desa Bantan, Rabu (24/11) pagi.

“Kami mengapresiasi sekali kegiatan vaksinasi ini dan mengucapkan terimakasih kepada BIN Bangka Belitung yang telah menggelar vaksinasi COVID-19 di desa kami,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, BIN Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 250 dosis vaksin Sinovac bagi masyarakat di desa tersebut.

“Alhamdulilah, dari pagi hingga siang sebanyak 90 orang masyarakat kami mengikuti kegiatan vaksinasi,” katanya.

Suhandi menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini sangat membantu mempercepat terbentuknya “Herd Immunity” atau kekebalan kelompok terhadap COVID-19.

Dikatakan dia, sejauh sebanyak 80 persen warga desa Bantan, Kecamatan Membalong telah divaksin COVID-19.

“Maka dengan vaksinasi yang dilakukan oleh BIN Bangka Belitung menambah jumlah warga kami yang telah divaksin maka kami sangat berterima kasih sekali,” tuturnya. (Lendra)

Loading