Kamis, April 25, 2024
Peristiwa

DPK HIPPAPI Kec.Bayongbong Gelar Kontes Latber Ayam Pelung

Garut, Lensa Expose.com

Pengurus Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Kecamatan Bayongbong menggelar Kontes Latber (Latihan Bernilai) Ayam Pelung bertempat di Kampung Cisaat, Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Minggu (7/11/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dengan mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) jaga jarak dan pembatasan orang di lokasi kontes serta panitia penyelenggara memberikan hadiah hiburan (doorprize) bagi peserta berupa kambing, dispencer, termos, strika dan lainnya.

Menurut Ketua DPK HIPPAPI (Dewan Pengurus Kecamatan Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia) Kecamatan Bayongbong, H.Engkan juga selaku Ketua Panitia,
ketika ditemui usai acara mengungkapkan,

Kegiatan yang diselenggarakan dalam kontes ini adalah sebagai upaya menularkan tradisi warisan para leluhur sunda kepada para pecinta ayam pelung.

Kontes Latber (Latihan Bernilai) tujuannya untuk menilai ayam-ayam atau meningkatkan kualitas-kualitas ayam yang ada di Kabupaten Garut,

“Ya khususnya untuk meningkatkan para kontestan/peserta diadakan ini Latber yang belum mengalami atau menjadi Juara Nasional supaya ini ayam bisa meningkat kualitasnya, jadi orang pemilik ayam tidak merasakan kecil hati, ” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada kegiatan kontes Latber ini diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai daerah selain dari Kabupaten Garut juga ada dari Kabupaten Bandung, Tasikmalaya dan Ciamis,

” Kategori yang dikonteskan ada 2 yaitu Latber Juara Umum untuk usia ayam 10 bulan ke atas dan Latber Juara Jajangkar usia ayam 6-7 bulan,

Di Latber ini tidak ada saingan- saingan ayam, untuk ayam yang pernah menjadi juara 1-15 atau juara lokal tidak diperkenankan/ditampilkan dengan para kontestan/peserta, “jelas Engkan.

Pihaknya berharap, dengan adanya kontes Latber ini kedepannya para peserta kontes ayam biar lebih meningkat,

“Harapan kami untuk para peserta ketika sudah mengikuti kontes Latber ini bisa lebih meningkatkan pemeliharaan, perawatan ayamnya dan juga berternaknya serta agar lebih melestarikan dan mencintai terhadap ayam pelung, ” pungkasnya.

Sementara itu, Juara Umum 1, Iwan peserta asal Kp.Nangoh Garut, menuturkan, dirinya mengucapkan puji syukur kepada Allah Swt karena dapat mengikuti kontes Latber dan sebagai pemula mendapat juara.

” Alhamdulillah saya bersyukur dan sangat senang sebagai ayam pemula mengikuti kontes mendapat Juara 1, semoga kedepannya lebih baik lagi, ” tuturnya.

Tak lupa selain itu, Ia menyampaikan terima kasih kepada jajaran panitia yang sudah menyelenggarakan acara kontes ini,

” Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran panitia yang sudah melaksanakan kontes Latber ini, semoga kedepannya lebih maju dan sukses, ” ujar Iwan.

Adapun para pemenang kontes Latihan Bernilai(Latber) antara lain, Juara Kategori Umum, Juara 1 diraih oleh (Nama Ayam SJ pemilik H.Asep asal Garut), Juara 2 (Gelar pemilik Iyus asal Garut) dan Juara 3 (Purma pemilik Ate asal Sukaresmi).

Kemudian Juara Kategori Jajangkar Juara 1 diraih oleh (Nama Ayam Tibelat pemilik Ukat dari Pamupukan Gempar Bayongbong), Juara 2 (Gema Ligar pemilik H.Ahmat asal Bayongbong) dan Juara 3 (Karebet pemilik Umar dari Bayongbong), selanjutnya untuk Doorprize hadiah Kambing diraih oleh H.Endang peserta dari Bayongbong.

Pewarta : Suwito

Editor : Irfan Lubis

Loading